Sab. Nov 17th, 2018

Anggota Polda Jambi Dibekali Pelatihan Konseling dan Trauma Healing

Kegiatan pelatihan trauma healing bagi anggota Polda Jambi , Rabu 7 November 2018/Ist

  • Berguna untuk melatih anggota agar mempunyai kemampuan dan keterampilan konselor
  • Inisiatif kegiatan dari bagian Psikologi  Polda Jambi

Inilahjambi — Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jambi menggelar pelatihan konseling dan trauma healing untuk anggota Polda Jambi dan jajaran.

Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Biro Polda Jambi Kombes Yudi Kurniawan, diadakan di Mapolda Jambi, Rabu, 7 November 2018 ini diikuti sebanyak 86 personel Polda Jambi dan Jajaran.

Kepala Bagian Psikologi, Biro SDM Polda Jambi, AKBP Dilia Tri Rahayu S, MSi, Psi mengatakan, kegiatan ini berguna untuk melatih anggota agar mempunyai kemampuan dan keterampilan konselor dalam melakukan kegiatan trauma healing.

“Hasil yang hendak dicapai dari kegiatan ini, selain bermanfaat untuk anggota polda sendiri, juga diharapkan untuk membantu para korban masyarakat dalam mengantisipasi secara mental kejadian-kejadian yang menimpa di beberapa wilayah di Indonesia khususnya di Wilayah Polda Jambi,” ujar AKBP Dilia.

Kegiatan yang menampilkan tiga orang nara sumber, yakni Drs. Kayan Lumban Gaol dari BPBD Provinsi Jambi, Fina Afriania SPsi, MPsi, (HIMPSI) JAMBI dan AKBP Dilia Tri Rahayu, (Kabag Psi Ro SDM), juga bertujuan untuk membantu personel Polri yang bermasalah.

“Kita harapkan agar anggota nantinya dapat mengatasi psikis dan mentalitasnya sehingga bisa kembali optimal dalam aktivitasnya serta mengurangi pelanggaran yang mungkin bisa terjadi,” kata Dilia.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Mukhlis mengatakan, kegiatan ini sangat penting, karena itu para anggota yang memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan ini agar bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Ini baru pertama kali diadakan, kita harapkan kegiatan ini terus berlanjut,” kata Kapolda.

Tujuan akhirnya kegiatan ini ke depan adalah terbentuknya tim yang terdiri dari personil yang sudah kompeten melakukan konseling dan trauma healing.

“Giat ini merupakan Inisiatif kegiatan dari bagian Psikologi dengan melihat banyaknya kejadian bencana di Indonesia,” tutur AKBP Dilia.

 

--------------a
Sudah dibagikan