Wed. Jul 17th, 2019

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Dishub Provinsi Jambi Siapkan 668 Unit Angkutan Lebaran 2019

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra/ist

Inilahjambi — Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi memprediksi lonjakan penumpang melalui jalur darat mencapai 5-10 persen pada arus mudik lebaran 2019 ini. Tahun sebelumnya jumlah peningkatan hanya 2 persen.

Baca juga: Wing Dishub: Alat Berat Siaga di Lokasi Rawan Longsor dan Banjir Selama Arus Mudik

Untuk itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan, pihaknya menyiapkan 668 unit kendaraan angkutan umum.

“Terbagi dari beberapa PO, seperti Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) 312 unit kendaraan dan cadangan 12 unit dari 24 PO,” kata dia saat meninjau armada lebaran tahun 2019 di Terminal Alambarajo, Kotabaru, Kota Jambi, Selasa 28 Mei 2019.

Sementara untuk Antar Kabupaten Dalam Provinsi (AKDP) 265 unit kendaraan dari 21 PO, Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) 57 unit kendaraan dari 2 PO dan Pariwisata 22 unit kendaraan dari 1 PO.

Dipaparkan Varial, melonjaknya penumpang bus saat ini akibat dampak dari kenaikan tiket pesawat yang cukup tinggi.

“Saat ini, masyarakat mengganti pola berpergian dari semula didominasi udara sekarang beralih ke angkutan darat,” tukasnya.

Baca lagi: Disorot Sandi, Ini Daftar Pendukung Jokowi yang Kasusnya Tanpa Kabar

“Kita laksanakan ini untuk memberikan rasa nyaman terhadap masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran,” ujarnya didampingi Kabid Darat Dishub Provinsi Jambi, Wing Gunariadi.

Di samping itu, pihaknya juga telah menyiapkan posko-posko pengaman dan posko pelayanan dimasing-masing kabupaten/kota pada jalur-jalur lintas mudik di wilayah Provinsi Jambi.

Tidak hanya itu, sambungnya, res area untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi juga telah disiapkan.

“Rest area di wilayah kita ini sebagian besar berada di SPBU, jembatan timbang,” tukas Varial Adhi Putra.

 

 

Sudah dibagikan