Tue. Jun 18th, 2019

Belanja Online Selama Ramadan, Produk Apa yang Diminati?

Inilahjambi– Survei yang dilakukan situs belanja online ShopBack terhadap penggunanya, menunjukkan fashion sebagai kategori yang paling diminati konsumen belanja online Indonesia (81,9 persen).

Tiga produk fashion paling diminati memang mencerminkan kebutuhan konsumen muslim, yakni baju koko (54,5 persen), baju gamis (53,1 persen), dan hijab (44,1 persen).

Namun, di luar produk busana muslim, terdapat jenis produk yang universal yang masuk ke dalam pilihan utama, yaitu sepatu (44,1 persen).

Kategori lainnya yang promosinya juga sangat ditunggu oleh konsumen belanja online adalah elektronik (43,1 persen), makanan (40,7 persen), perabot rumah tangga (33,8 persen), groceries (32,4 persen), dan travel (31,9 persen).

“Produk-produk yang diminati rata-rata adalah produk yang pendanaannya tidak diambil dari alokasi bujet harian,” ujar Indra Yonathan, Country General Manager, ShopBack Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

“Kami melihat konsumen benar-benar akan memanfaatkan promo istimewa di Bulan Ramadhan untuk mendapatkan produk-produk impiannya,” imbuhnya.

Sementara untuk kebutuhan sehari-hari seperti bumbu dapur dan makanan beku, konsumen lebih memilih berbelanja langsung. Hanya 18,9 persen konsumen yang menyatakan akan membeli bumbu dapur dan 29,5 persen akan membeli produk makanan beku secara online dengan memanfaatkan promo Ramadan.

Khusus untuk kategori produk travel, 59,20 persen konsumen menyatakan lebih memilih melakukan pemesanan secara online dibandingkan dengan pembelian langsung di biro perjalanan.

Alasan utamanya adalah harga yang lebih murah jika melakukan pemesanan online (58,4 persen). Untuk produk travel, tiket pesawat masih menjadi produk yang paling diminati (57,4 persen), diikuti dengan tiket kereta api (53 persen) dan kamar hotel (52,2 persen).

 

 

(Sumber: kompas.com)

Sudah dibagikan