Disidak Dewan Soal Perizinan, Pengurus PT Deli Pratama di Bulian: “Kalian Tanya Pemkab Saja….”

Inilahjambi – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari, Kuzwaini, melakukan inspeksi mendadak ke PT. Deli Pratama yang bergerak di bidang stoper batubara di Kelurahan Tenam Kecamatan Muarabulian, Kamis 1 Maret 2018.

Inspeksi dilakukan karena perusahaan itu diduga belum mengantongi izin dan letak perusahaan sangat dekat dengan fasilitas umum serta jalan raya.

“Berdasarkan laporan masyarakat, aktivitas PT Deli Pratama sangat mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar,” kata Kuzwaini.

Setelah melakukan sidak, menurut dia, lokasi PT. Deli Pratama memang berada tepat di depan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Tenam dan itu mengganggu ketertiban umum.

“Jadi kedatangan kami kesini dalam rangka penertiban legalitas pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha di Kabupaten Batanghari,” ungkapnya lagi.

Sayangnya, kunjungan Kuzwaini disambut dengan tidak ramah oleh pengurus perusahan yang bernama Hadi. Dengan singkat dia meminta DPRD menanyakan langsung soal perizinan perusahaan mereka ke pemerintah daerah. Karena yang menerbitkan izin, kata Hadi, adalah Pemerintah Kabupaten Batanghari.

“Masalah perizinan dapat kalian tanyakan langsung ke pemerintah daerah. DPRD kan rekan pemerintah,” katanya saat ditanyakan masalah perizinan.

PT. Deli Pratama juga diketahui tidak memasang papan nama perusahaan di lokasi bangunan mereka.

Ketika ditanyakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Hadi kembali menjawab seadanya.

“Kami kan belum membangun apa-apa masih bersih-bersih saja, jadi kenapa harus mengurus IMB?” jawabnya.

Jumat pagi ini DPRD berencana memanggil PT Deli Pratama serta instansi terkait untuk meminta penjelasan hasil temuan Komisi II DPRD Kabupaten Batanghari.

 

 

(Ade Subrata)

Payoo komen Bro...

Sudah dibagikan