Jambi Masuk Wilayah Terdampak Siklon Dahlia, Apo dio ni?

Inilahjambi – Indonesia sedang dilewati badai siklon tropis yang melanda wilayah Jawa dan Bali. Badai tersebut menyebabkan beberapa provinsi berpotensi dilanda hujan serta angin kencang.

“Diperkirakan akan tetap terjadi hujan deras dengan intensitas 50 milimeter per hari dan atau angin kencang dengan kecepatan lebih dari atau sama dengan 50 kilometer per jam,” kata Kepala Data Pusat Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat 1 Desember 2017.

Sutopo mengatakan potensi hujan lebat tersebut terjadi mulai dari pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian Selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian Selatan. Warga juga diminta mewaspadai angin kencang di daerah tersebut.

“Potensi hujan lebat dan angin kencang ini akan terjadi mulai dari pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian Selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian Selatan. Termasuk juga potensi angin kencang dengan kekuatan 20 knot di daerah yang sama,” terang Sutopo.

Sutopo mengimbau warga yang bepergian selama liburan akhir pekan untuk tetap berhati-hati. Menurutnya ancaman banjir, longsor dan puting beliung masih mengancam warga.

“Masyarakat yang menikmati liburan panjang agar hati-hati. Perhatikan kondisi lingkungan sekitarnya. Lakukan langkah antisipasi. Jangan lupa membawa barang untuk kebutuhan darurat,” jelasnya.

Beberapa wilayah Indonesia dilanda badai siklon tropis Cempaka. Setelah usai badai Cempaka, badai siklon Dahlia melanda Indonesia.

Berdasarkan data dari BMKG, berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat pada Jumat 1 Desember 2017 akibat dampak dari Siklon Dahlia: Aceh bagian Utara dan Selatan; Sumatera Utara; Sumatera Barat; Bengkulu; Jambi; Sumatera Selatan bagian Barat, Tengah, dan Selatan; Kepulauan Bangka Belitung; Lampung Bagian Barat; Banten; Jawa Barat; Jawa Tengah; Kalimantan Utara; Bali; Sulawesi Tengah; Sulawesi Tenggara.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir akibat Siklon Dahlia adalah: DI Yogyakarta; Jawa Timur, Kalimantan Tengah; Kalimantan Timur; NTB; NTT; Maluku Utara; Papua bagian Tengah dan Utara.

Kemudian pada Sabu (2/12) mendatang wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah: Aceh bagian Utara; Sumatera Barat bagian Utara; Riau; Bengkulu; Jambi; Kepulauan Bangka Belitung; Lampung; DI Yogyakarta; Kalimantan Utara; Bali; Sulawesi Tengah; Sulawesi Selatan; Sulawesi Tenggara.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang adalah: Jawa Timur; Kalimantan Tengah; NTB; NTT; Papua bagian Tengah dan Utara.

 

 

 

 

(Olivia Admira)

Apa komentar Anda?

comments

Dibagikan