Sen. Des 17th, 2018

Jangan Namakan Bayimu Robocop, Metallica atau Anal, ini Alasannya…

Foto: Ilustrasi/net

Inilahjambi – Bagi sebagian besar orangtua, nama yang dipilih untuk buah hati adalah doa dan harapan. Selain itu, beberapa orangtua juga memilih nama untuk buah hati mereka berdasarkan hal-hal yang mereka sukai atau berupa penghormatan kepada orang yang mereka idolakan seperti nama orang terpandang, selebriti, hingga olahragawan.

Namun, ada beberapa nama yang sebaiknya tidak Anda pilih untuk buah hati Anda. Sebab, nama-nama ini telah dilarang di banyak negara di dunia. Tujuh nama yang baiknya dihindari adalah:

1. Osama bin Laden

Segera setelah peristiwa serangan teror pada 11 September 2001 lalu, pasangan Turki yang menetap di Jerman ingin menghormati pimpinan Al-Qaeda, Osama bin Laden dengan menjadikannya nama anak mereka. Namun, pilihan itu dilarang oleh pihak otoritas karena dianggap akan menimbulkan cemoohan.

2. Anal

Sepasang orangtua di Selandia Baru ingin memanggil anak mereka Anal, yang lahir pada tahun 2013 lalu. Namun, pihak pemerintah setempat menolak untuk menerbitkan akte kelahiran karena pilihan nama yang terdengar janggal dan kurang sopan itu. Akhirnya, pemerintah pun menambahkan daftar nama yang dilarang di negara tersebut.

3. Monkey

Di Denmark, orangtua harus memilih nama anak berdasarkan daftar nama-nama yang telah disetujui pemerintah. Namun, nama Monkey tidak masuk dalam daftar, yang akhirnya penggunaannya pun dilarang. Sekitar 250 nama ditolak setiap tahunnya di negara tersebut.

4. Robocop

Nama ini terinspirasi dari sebuah karakter robot dalam film yang populer pada dekade ’80-an dan ’90-an. Namun, ada seorang anak di Meksiko yang diberi nama Robocop. Setelah itu, pemerintah setempat mengeluarkan daftar nama yang diizinkan penggunaannya untuk bayi yang baru lahir.

5. Nutella

Nutella adalah pasta cokelat untuk olesan roti yang amat populer di berbagai belahan dunia. Sepasang suami istri di Perancis ingin menamai putri mereka Nutella, dengan harapan sang putri akan menjadi anak yang manis dan populer layaknya pasta cokelat Nutella. Namun, pihak otoritas setempat menertawakan dan menolaknya dengan alasan nama itu akan menimbulkan cemoohan.

6. @

Pemerintah Tiongkok melarang penggunaan simbol dan angka untuk nama orang. Sehingga, pilihan nama berupa “@” yang diajukan sepasang orangtua pun dilarang penggunaannya. Simbol ini dilafalkan sebagai “ai-ta” dalam bahasa Mandarin, terdengar mirip dengan frasa yang artinya “Cintai dia,” namun toh penggunaannya tetap dilarang.

7. Metallica

Grup musik legendaris Metallica memiliki jumlah penggemar yang amat banyak di seluruh dunia, namun bukan berarti pemerintah mengizinkan penggunaan nama grup band ini sebagai nama bayi. Orangtua seorang bayi perempuan di Swedia adalah penggemar berat Metallica dan memilih untuk mengabadikannya pada nama buah hati mereka. Namun, otoritas setempat menolaknya dan memaksa mereka untuk memilih nama lain.

(Kompas.com)

Sudah dibagikan