Sab. Okt 20th, 2018

Mengapa KPK Belum Tahan Zumi Zola? Ini Alasannya

Inilahjambi – KPK sudah menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan gratifikasi. Kendati demikian, penyidik masih belum menahan Zumi Zola.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penahanan baru akan dilakukan bila ketentuan dalam KUHAP sudah terpenuhi.

“Jadi, kalau nanti sudah terpenuhi di Pasal 21 KUHAP, penahanan bisa dilakukan. Ada alasan objektif, alasan subjektif juga. Dan juga ada pertimbangan diduga keras melakukan tindak pidana misalnya,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa 27 Februari 2018.

Kendati penahanan belum dilakukan, namun Febri menegaskan bahwa penyidikan kasus Zumi Zola tidak dihentikan. Febri menyebut bahwa KPK tidak mempunyai kewenangan untuk menghentikan penyidikan.

“Bukan berarti kalau belum dilakukan penahanan kasus dihentikan, karena UU Nomor 30 Tahun 2002, tegas sekali mengatakan bahwa KPK tidak bisa menghentikan perkara atau SP3,” kata dia.

Dalam kasus ini, Zumi diduga menerima gratifikasi hingga Rp 6 miliar terkait sejumlah proyek di Provinsi Jambi. Selain itu, KPK menduga Zumi Zola menerima uang terkait hal lainnya. Uang itu kemudian digunakan sebagai suap kepada DPRD.

Pada surat dakwaan anak buahnya, Zumi disebut turut mengetahui adanya permintaan uang ‘ketok palu’ serta proyek dari pihak DPRD. Bahkan ia disebut merestui adanya pemberian itu. Namun, dalam berbagai kesempatan, Zumi membantah soal keterlibatannya dalam kasus tersebut.

 

(Kumparan)

Payoo komen Bro...

- ---
Sudah dibagikan