Fachrori Umar Imbau Pers Terus Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Inilahjambi – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum imbau pers terus berusaha untuk meningkatkan kompetensi wartawannya. Imbauan tersebut dikemukakan oleh Plt. Gubernur Jambi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME saat membuka Pelatihan Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Jambi Tahun 2018, bertempat di Hotel Abadi Grand Kota Jambi, Jumat 13 Maret 2018 sore.

Plt. Gubernur menjelaskan, pers telah menjadi pilar keempat demokrasi bagi masyarakat modern, dan pers yang bebas bukan hanya menjadi mitra bagi pemerintah, namun juga menjadi aliansi yang strategis dalam pelaksanaan pembangunan.

“Pers yang bebas juga memberikan keleluasaan bagi para jurnalis untuk bisa bekerja secara profesional dan mandiri,” ujar Plt. Gubernur Jambi.

Supaya pers bisa profesional, lanjut Plt. Gubernur Jambi, kualitas jurnalis harus terus diperbarui dan ditingkatkan. Di sisi lain, semakin meningkat kualitas seorang jurnalis, biasanya cenderung semakin meningkat pula tingkat kesejahteraannya.

Plt. Gubernur Jambi mengatakan, seorang jurnalis yang profesional dan mandiri harus memiliki pengetahuan dalam beberapa aspek tertentu serta perilaku dan moral yang baik.

“Saya menyadari bahwa untuk membentuk jurnalis yang profesional memerlukan waktu dan proses serta dukungan ketersediaan sumber daya dan dana yang tidak sedikit. Sejalan dengan itu, saya mengimbau semua unsur pers untuk peduli dan berperan aktif dalam meningkatkan profesionalisme jurnalistik, khususnya di Provinsi Jambi,” terang Plt. Gubernur Jambi.

Plt. Gubernur Jambi mengemukakan, adanya informasi yang akurat, tepat, dan benar, tidak akan terjadi bilamana pelaku jurnalistik tidak memahami dengan sungguh-sungguh tugas dan tanggung jawabnya.

“Oleh karena itu, saya menyambut baik terselenggaranya pelatihan jurnalistik dan UKW yang dilakukan oleh PWI cabang Jambi.

“Saya berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat muncul sumber daya manusia baru yang tangguh dan dapat membawa PWI Jambi menjadi insan pers yang lebih baik, insan pers yang tidak hanya menjadi kontrol bagi pemerintah, tetapi juga dapat memberikan saran membangun bagi pemerintah, guna kesejahteraan masyarakat ,” tutur Plt. Gubernur Jambi.

 

 

(Humas Prov Jambi)

Payoo komen Bro...

Sudah dibagikan