Ming. Jul 22nd, 2018

Sah, Kapolda Jambi Muchlis As Resmi Sandang Bintang 2, Wakilnya Ahmad Haydar Naik Bintang 1

Kapolri Jenderal Tito Karnavian lantik Brigjen Muchlis AS menjadi Kapolda Jambi, Kamis 11 Januari 2018 lalu. Besok Jumat 13 Juli 2018, Muchlis AS resmi sandang bintang 2 menjadi Inspektur Jenderal Polisi
/ Foto Dok Tribunnews

Inilahjambi – Kepala Kepolisan Daerah (Kapolda) Jambi Brigjen Muchlis AS, besok, Jumat 13 Juli 2018, akan mengalami kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Irjen pol) alias bintang dua.

Selain itu, Wakil Kapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haydar juga akan menyandang bintang 1 di pundaknya, menjadi Brigadir Jenderal.

Kenaikan pangkat Muchlis dan Ahmad Haydar ini menyusul naiknya tipe Polda yang mereka pimpin menjadi A sejak beberapa waktu lalu.

Selain dua perwira tinggi di jajaran Kepolisian Republik Indonesia ini, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga akan menaikkan pangkat 16 pati lainnya.

“Tujuh orang dari bintang satu ke bintang dua (termasuk 4 Kapolda yang naik tipe A). Sebelas orang dari Kombes ke bintang satu,” ujar As SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto dalam keterangannya, Kamis 12 Juli 2018 dilansir Kumparan.com.

Tiga Kapolda lain yakni, Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Pol Achmat Juri, Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Rachmat Mulyana, dan Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko.

“Besok (Jumat) jam 09.00 WIB di Gedung Rupatama Mabes Polri,” ujarnya.

Sedangkan 13 pati lainnya yang akan naik pangkat, yakni:

1. Staf Ahli Bidang Ideologi dan Konstitusi Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenkopolhukam) Brigjen Pol Widiyanto Poesoko

2. Deputi Bidang Hukum dan Kerja Sama Badan Narkotika Nasional (BNN) Brigjen Pol Puji Sarwono
3. Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara Brigjen Pol Dharma Pongrekun

4. Asisten Deputi Koordinasi Demokrasi dan Organisasi Masyarakat Sipil pada Deputi Bidanag Koordinasi Politik dalam Negeri Kombes Pol Budi Susanto

5. Inspektur II Ittama BNN Kombes Pol Achmad Nurda Alamsyah

6. Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat Kombes Pol Khasril

7. Kepala BNNP Kalimantan Barat Kombes Pol Suyatmo

8. Direktur Narkotika Deputi Bidang Pemberantasan BNN Kombes Pol Victor Joubert Lasut

9. Wakapolda NTB Kombes Pol Tajuddin

10. Kepala Biro Hukum KPK Kombes Pol Setiadi

11. Dirtipidkor Bareskrim Polri Kombes Pol Erwanto Kurniadi

12. Wakapolda Kalteng Kombes Pol Dedi Prasetyo

13. Wakapolda Kalimantan Selatan Kombes Pol Nasri

Polda tipe A dipimpin oleh seorang perwira tinggi bintang dua berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen). Selain soal kenaikan pangkat, tipe A ini juga berimbas kepada penambahan jumlah personel dan anggaran.

 

 

(Nurul Fahmy)

Payoo komen Bro...

Sudah dibagikan