Sosialisasi Empat Pilar, Daryati Disuguhkan Yel-yel Menarik Dari Siswa

Inilahjambi– Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sebagai lembaga negara terus mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme ke masyarakat. Tujuannya, agar nilai tersebut dapat terus hidup di tengah masyarakat.

Untuk itulah, anggota MPR/DPD RI Dapil Jambi Hj. Daryati Uteng SE.MM terjun ke daerah-daerah, khususnya Jambi guna menjabarkan ke masyarakat akan pentingnya 4 pilar kebangsaan tersebut. Empat pilar itu yakni, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI harga mati bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kali ini penjabaran 4 pilar Daryati Uteng menyasar ke SMA Negeri 1 Kota Jambi, di kawasan Telanai Pura. Sabtu 2 Juni 2018, Ratusan siswa terlihat antusias mengikuti sosialisasi tersebut.

Menurut Daryati, 4 pilar kebangsaan harus ditanamkan ke dalam prinsip hidup. Karena tanpa adanya hal itu, pondasi Republik Indonesia pasti bakal lemah.

“Saya mengambil contoh Bhineka Tunggal Ika. Para generasi muda seperti siswa taruna ini harus paham kalau Indonesia terdiri dari berbagai macam suku bangsa, namun tetap dalam satu kesatuan dan nafas hidup. Tapi saya dengar para siswa SMA N 1 sudah pernah juara dalam bidang empat pilar, kemudian yel-yel empat pilarnya keren ” Kata Daryati.

Selain Daryati, narasumber lainnya, yakni Sugiharto juga memaparkan tentang pemahaman 4 pilar kebangsaan tersebut. Menurut dia, dalam program pendidikan yang berpedoman kepada Pancasila, siswa harusnya sudah dapat memahami dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dikatakan Sugiharto di setiap sila dalam Pancasila, memiliki pedoman yang berbeda, yang dapat diterapkan masyarakat di kehidupan sehari-hari dan bisa merubah moral anak didik.

“Pembinaan moral itu bukan hanya didapat dari pendidikan di sekolah, namun juga dari pemahaman terhadap sila-sila dalam Pancasila yang dapat dilakukan langsung oleh setiap orang termasuk siswa,” katanya.

 

 

 

(Reynol)

Payoo komen Bro...

Sudah dibagikan