Sun. Jun 16th, 2019

Tugu Jam Kotabaru Mau Diganti, Ketua DPRD Kota Jambi Nyatakan Sikap…

Inilahjambi– Pemerintah Kota Jambi berencana mengganti tugu jam di kawasan Kotabaru menjadi Tugu Keris Siginjei.

Pembangunan akan dimulai hari ini. Pantauan inilahjambi, Senin 17 Juli 2017, tampak sejumlah pekerja tengah memasang pagar pembatas proyek pembangunan tugu tersebut.

Ketua DPRD Kota Jambi M nasir yang dikonfirmasi terkait pembangunan tugu tersebut, menyatakan dukungannya terhadap rencana itu.

Menurut Nasir, memang tugu jam tidak sesuai dengan karakter lokal Kota Jambi. Simbol di tugu jam itu terlalu umum, sehingga tidak mencirikan lokalitas Jambi.

“Dalam hal ini saya mendukung rencana Pemkot Jambi mengganti tugu itu dengan tugu keris Siginjai. Sebab mencirikan budaya Jambi,” katanya, Senin 17 Juli 2017 kepada inilahjambi.

Baca juga:

Bahkan, kata Nasir, jika pemerintah kota berani, kawasan perkantoran dipindahkan ke kawasan lain. Di lokasi lama dibangun alun-alun untuk rakyat.

“Saya pernah sampaikan, kalau bisa perkantoran di Kotabaru itu dipindahkan, sebab sudah tidak memadai untuk aktivitas birokrasi. Jadi tempat itu, bisa dibangun alun-alun untuk rakyat,” ujarnya lagi.

Kembali ke soal tugu, Nasir bahkan mendorong Walikota Jambi membangun ikon-ikon kedaerah di beberapa titik. Seperti di Seberang dengan tugu kitab, yang melambangkan daerah santri, dan sebagainya.

“Saya juga minta agar tugu dibangun, seperti misalnya di Seberang,” katanya.

Sebelummnya, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan patung keris yang dibangun di kawasan Kotabaru itu merupakan replika Keris Siginjei, salah satu benda pusaka Jambi.

Menurut Fasha, penggantian tugu dilakukannya karena ingin menjadikan Tugu Keris Siginjai menjadi ikon Kota Jambi, yang menurutnya memang Keris Siginjai mempunyai nilai historis.

Soal desain, kata Fasha, sudah direncanakan dengan bentuk tangan yang akan memegang Keris Siginjai. dan dibuat lebih tinggi lagi dari tugu jam yang sekarang.

 


 

 

(Nurul Fahmy)

 

 

 

Sudah dibagikan