Zola Sebut Komunikasinya dengan DPRD Provinsi Jambi Terbatas…

Inilahjambi – Gubernur Jambi Zumi Zola mengatakan, komunikasi dan hubungannya dengan anggota DPRD Provinsi Jambi terbatas. Komunikasi khusus hanya dia lakukan dengan pimpinan DPRD dan Fraksi.

Menurut Zola, dia sengaja menjaga komunikasi karena tidak ingin terlalu terlibat dalam persoalan internal DPRD.

“Komunikasi saya dengan DPRD memang terbatas. Kecuali pada momen-momen khusus, seperti pada saat kampanye dan paripurna. Saya tahu resikonya, tapi itu semua akan saya tanggung,” ujarnya dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan di rumah dinas Gubernur Jambi, Jumat 1 Desember 2017.

Untuk persoalan birokrasi dan aspirasi anggota DPRD kepada pihak eksekutif, kata Zola, dia serahkan semua pada bawahannya di tim TAPD Provinsi Jambi.

“Kalau pun ada DPRD yang ingin menyampaikan aspirasinya saya serahkan pada tim TPAD. Dan harus sesuai dengan prosedur yang sah. Saya tahu resikonya, tapi saya siap menanggungnya,” kata Zola lagi.

Pernyataan itu disampaikan Zola menjawab pertanyaan wartawan tentang hubungan dia dengan DPRD Provinsi Jambi, sehingga dalam beberapa paripurna penetapan banyak anggota DPRD yang tidak hadir alias tidak kuorum.

“Saya tidak tahu mengapa rapat tidak kuorum. Saya hanya bertanya kepada pimpinan saja. Jadi saya tidak tahu juga istilah ‘undangan’,” atau istilah lain itu, ” kata Zola, merujuk pada kode yang diungkap KPK dalam OTT yang dilakukan pada sejumlah pejabat pemerintah Provinsi Jambi dan anggota DPRD.

Dalam kasus dugaan suap RAPBD 2018, KPK menyebutkan, sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi beberapa kali tidak hadir dalam rapat pengesahan APBD. Dalam kondisi tersebut, pihak eksekutif dengan komando Plt Sekda dan Asisten III, mengumpulkan uang ketok palu bagi anggota DPRD tersebut agar bersedia hadir dan mensahkan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018.

Dalam giat ini, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi Arfan, bertugas mengumpulkan uang ‘ketok palu’ tersebut dari sejumlah kontraktor.

Baca juga:

 

 

(Nurul Fahmy)

Apa komentar Anda?

comments

Dibagikan