5 Hal Unik yang Ada di Jambi

5 Hal Unik yang Ada di Jambi

Baca juga:

Melihat berita kebakaran Hutan Amazon, aku berubah pikiran soal karhutla (kebakaran hutan dan lahan). Sebelumnya sempat terpikir bahwa asap tahunan yang mengisi tenggorokan kami adalah kearifan lokal Sumatra dan Kalimantan. Ternyata belahan Bumi lain juga ambil bagian. Ini bukan candaan, tapi satire.

Di Sumatra, ada salah satu kota yang insyaallah selalu adem ayem. Adem bukan berarti dingin, sama sekali nggak. Di sini surganya tukang laundry, cuci pagi siang sudah bisa disetrika. Jemur malam pagi sudah bisa dipake, tapi amis.

Namanya Kota Jambi, tempat di mana orang lebih suka hidup santai daripada bergaduh ria. Tak ada gunung, pantai, apalagi air terjun. Tapi positifnya, tidak ada gunung meletus, tsunami, atau bencana alam … eits, sebentar! Dunia ini adil. Tanpa gempa dan tsunami, tapi tiap tahun tenggelam dalam asap.

Seperti yang disebut di awal, Jambi, sebagaimana beberapa wilayah lain di Sumatra dan Kalimantan, setiap tahun terimbas asap karhutla. Inilah yang membuat Jambi punya keunikan tersendiri. Kearifan lokal yang tidak arif, tapi lumayanlah untuk bahan cerita.

Kalau kamu berniat main-main ke Jambi, kamu mungkin perlu tahu 5 hal unik yang ada di sini. Gak niat juga gak masalah, yang penting datang. Tapi sebentar saja, karena kalau mau dekat lebaran dan orang-orang pada pulang kampung, kota kami jadi tambah macet.

Kembali ke topik, inilah 5 hal unik yang hanya ada di Jambi. Dan mungkin beberapa daerah lain di Indonesia! (Yang tertera di judul istilahnya kalau kata orang Jambi, segek bae!) Cuma biar kamu kira ini betulan unik.

1. Ada musim masker

BACA SELENGKAPNYA DISINI

 

Bagikan
HOT NEWS