8 Bulan DPO, Polres Tanjab Timur Belum Berhasil Tangkap Pemilik Ribuan Unit HP Selundupan ini

Foto diduga Chuandry/Facebook

Inilah Jambi

Inilah Jambi

8 Bulan DPO, Polres Tanjab Timur Belum Berhasil Tangkap Pemilik Ribuan Unit HP Selundupan ini


Inilah Jambi – Kepolisian Resor Tanjung Jabung Timur, Polda Jambi, menetapkan Chuandry dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak 21 Desember 2017. Namun sampai kini polisi belum bisa menangkapnya.

Nama Chuandry disebut sebagai pemilik 612 koli barang elektronik selundupan dari Batam yang ditangkap aparat Polsek Berbak, Polres Tanjung Jabung Timur, 17 Oktober 2017 silam. Dalam ratusan dus barang itu, terdapat ribuan handphone berbagai merk, kamera dan televisi.

Sementara itu Octovianus, pemilik jasa ekspedisi yang mengangkut “barang haram” itu dari pelabuhan tikus di Berbak, sudah jadi pesakitan melalui vonis mejelis hakim Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur sejak Agustus 2018 ini.

Dimana Chuandry? Kepala Polisi Resort Tanjung Jabung Timur AKBP Marinus M Sitepu mengatakan, bahwa pihaknya masih terus melacak keberadaan pria berusia 35 tahun ini. Tanggal 21 Agustus lalu, Marinus mengatakan, timnya mendapat informasi dari Polda, bahwa yang bersangkutan berada di Jakarta.

“Tim Kami sudah melacak ke sana dan melakukan pemeriksaan,” kata Marianus kepada inilahjambi.

Namun pekan lalu Marinus mengaku timnya belum berhasil mengungkap keberadaan Chuandry. Menurut Marinus, Chuandry masih dalam penyelidikan. Pihaknya masih menelusuri rumah dan informasi yang bersangkutan di Jakarta.

Dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) yang dirilis oleh Polres Tanjung Jabung Timur, Chuandry disebutkan beralamat di Petamburan, Jakarta. Dia memiliki ciri-ciri berkulit putih (peranakan Tionghoa), berat badan 65 kilogram, dengan tinggi 168 centimeter, berpostur sedang.

Penelusuran Inilahjambi di media sosial, terdapat beberapa akun Facebook yang menggunakan nama Chuandry Dainese.

Menurut Octovianus (pemilik ekspedisi yang jadi terpidana) foto di salah satu akun Chuandry Dainese tersebut adalah Chuandry yang masuk dalam DPO Polres Tanjung Jabung Timur.

“Iya, itu adalah Chuandry,” kata Octovianus kepada inilahjambi, pekan lalu.

Octovianus sendiri mengaku tidak mengetahui alamat Chuandry di Jakarta. Perkenalan mereka diperantarai seseorang yang menjadi teman Chunadry dan teman Octovianus sendiri.

“Teman saya itu agen pemasaran cat. Dia yang memperkenalkan saya dengan Chuandry,” kata Octovianus lagi.

Inilahjambi membuka laman Facebook Chuandry Dainese. Disana ada foto sejumlah orang yang diantaranya adalah Chuandry. Akun tersebut menuliskan tanggal lahir pada 24 Februari 1980.

Setelah ditelusuri lebih mendalam, ternyata akun Chuandry Dainese memiliki “teman yang sama” dengan akun Facebook milik inilahjambi. Teman tersebut merupakan akun salah satu toko handphone yang terkenal di Jambi.

Berita terkait:

 

Pengacara Octovianus, Humisar Sahala, menduga bahwa polisi sengaja tidak mau menangkap Chuandry. Sebab, kata Sahala, kalau mau, polisi bisa saja melacak dan menangkap Chuandry.

“Teroris saja bisa ditangkap. Masa Chuandry tidak bisa. Polisi tampaknya sengaja melindungi DPO ini,” katanya.

Menurut Sahala, kasus kliennya akan terang benderang apabila Chuandry sebagai pemilik barang selundupan itu berhasil ditangkap.

“Polisi harus ditangkap. Dari sana baru akan terkuak semua kebenaran kasus klien saya ini. Klien saya ini tidak salah. Sebab dia hanya pengusaha ekspedisi, bukan penadah,” kata Sahala.

Menurut Sahala, pihaknya telah mengajukan banding ke Pangadilan Negeri Tanjung Jabung Timur untuk kasus kliennya yang divonis bersalah oleh majelis hakim sehingga diperintahkan ditahan selama 45 hari dalam penjara.

“Senin 27 Agustus 2018 kami sudah masukkan permohonan banding ke PN Tanjung Jabung Timur,” kata Sahala kepada inilahjambi, Senin.

Pengajuan banding Octo Vianus dibuktikan dengan akta permintaan banding di Pengadilan Negeri (PN) Sabak, Kabupaten Tanjab Timur dengan nomor 11/Akta.Pid/2018/PN.Tjt.

Berita terkait:

Dituding Mengkriminalisasi, Kapolres Tanjab Timur: Itu Hak Mereka!

 

 

(Nuru Fahmy)

 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN