Bupati Ikuti Paripurna Dengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

· Dalam Rangka HUT RI ke-78 dan Penyampaikan RUU APBN 2024

Inilah Jambi – Bupati Merangin H Mashuri bersama Wabup Nilwan Yahya dan Sekda Fajarman serta para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), mengikuti sidang paripurna DPRD Merangin, dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rangka HUT RI ke-78, Rabu (16/8).

Jokowi menyampaikan pidato kenegaraannya pada sidang tahunan MPR RI, bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2023, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Saat menyampaikan pidato kenegaraan, Jokowi mengenakan pakaian adat khas Suku Tanimbar dari Maluku. Tradisi mengenakan pakaian adat ini, dimulai Jokowi sejak 2017 lalu.

Dalam pidatonya Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa untuk menyongsong momentum kemerdekaan Indonesia dengan semangat kemajuan. ‘’Negara ini memiliki potensi besar untuk meraih Indonesia Emas 2045 dan menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia,’’ujar Jokowi.

‘’Peluang dan strategi untuk meraih kemenangan itu sudah ada. Tinggal apakah kita mau memfokuskan energi kita untuk bergerak maju atau tidak,” ungkap Jokowi di hadapan jajaran MPR, DPR, DPD, dan para pejabat negara yang hadir dalam Sidang Tahunan memperingati HUT ke-78 RI di Senayan Jakarta, Rabu (16/8).

Salah satu peluang yang dimaksud Jokowi adalah bonus demografi pada tahun 2030. Dimana 80 persen penduduk Indonesia berusia produktif. Selain itu, Jokowi juga menyoroti kepercayaan internasional (international trust) yang dimiliki Indonesia.

Momentum Presidensi G20, Keketuaan ASEAN, dan konsistensi Indonesia dalam menjunjung tinggi HAM dan kemanusiaan, serta kemampuan mampu bertahan pada krisis ekonomi dunia dalam tiga tahun terakhir, telah mengokohkan peran Indonesia dalam peta percaturan dunia.

Sementara itu pada pukul 13.00 Wib bupati masih didampingi Wabup Nilwan Yahya dan Sekda Fajarman kembali mengikuti rapat paripurna DPRD Merangin dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi, dalam rangka penyampaian RUU tentang APBN tahun 2024 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya .

Rapat paripurna itu dipimpin Ketua DPRD Merangin Herman Effendi didampingi wakil ketua satu H Zaidan dan wakil ketua dua Ahmad Kausari. Menariknya para anggota dewan yang hadir didampingi istrinya, begitu juga dengan para kepala OPD dan Forkopimda Merangin. (*)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN