Gagal di Pasaran, Facebook Kapok Membuat Smartphone

Inilahjambi – Facebook sepertinya sudah kapok untuk membuat smartphone lagi. Seperti diungkapkan David Marcus, Vice President Messaging Products Facebook, dalam konferensi Code Mobile, bahwa jejaring sosial paling populer di dunia itu kemungkinan tidak akan merilis smartphone baru seperti yang pernah dilakukan dua tahun yang lalu.

Perlu diketahui, kiprah Facebook di ranah smartphone tidak sementereng di jejaring sosial. Sadar atau tidak, tanpa membuat smartphone pun, Facebook secara tidak langsung telah menguasai dunia mobile.

Terlebih setelah memperkenalkan aplikasi Messenger dan mengakuisisi WhatsApp dan Instagram, menurut Marcus, Facebook sudah berhasil menguasai 25 persen aplikasi yang paling banyak digunakan dalam satu perangkat.

Tapi bagaimanapun juga, pengalaman pertama Facebook membuat smartphone berakhir gagal.

Cerita bermula pada 2013, ketika Facebook membuat kemitraan dengan HTC. Kedua perusahaan merilis First, smartphone pertama yang datang khusus dengan aplikasi Facebook Home dan segala macam fitur khusus Facebook. First dirilis untuk pasar kelas menengah, dengan layar 4,3 inci, prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon 400, dan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.

Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Banderolnya hanya US$99 atau sekitar Rp1,3 juta dengan kontrak operator selama 2 tahun.

Sialnya, debut perdana dari Facebook ini kurang mendapat respon yang baik dari pasar. Harga kontrak HTC First terpaksa dipangkas hingga menjadi 99 sen dollar AS atau sekitar Rp14 ribu saja, hanya dalam waktu sebulan setelah kemunculannya di AS.

Walaupun harganya diobral semurah mungkin, HTC First tak kunjung diminati pembeli hingga kemudian Facebook urung membuat ponsel lagi. (ij-ono)

sumber : Intisari

Bagikan
HOT NEWS