Lewis Hamilton Juarai GP F1 Suzuka Jepang

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Jangan Lupa Berbagi

Lewis Hamilton Juarai GP F1 Suzuka Jepang


Inilah Jambi – Lewis Hamilton kembali ke jalur kemenangan usai gagal finis di GP Formula 1 Singapura lalu. Driver Inggris itu finis terdepan dalam balapan 53 putaran di GP Jepang.

Di sirkuit Suzuka, Minggu (27/9/2015) siang WIB, Hamilton yang start dari posisi dua langsung melesat selepas lampu hijau menyala. Dia sempat berduel ketat dengan rekan setimnya, Nico Rosberg untuk masuk tikungan pertama, sebelum kemudian merebut posisi terdepan di tikungan kedua.

Sejak saat itu Hamilton mampu menjaga laju dan memperlebar jarak. Sampai akhir balapan dia tak tersentuh dan finis sebagai juara dengan nyaman.

Sementara Rosberg harus puas finis runner-up, diikuti pebalap Ferrari Sebastian Vettel di posisi tiga. Berturut-turut di belakangnya adalah Kimi Raikkonen dan Valtteri Bottas.

Dengan hasil ini, Hamilton mengukuhkan diri di puncak klasemen pebalap dengan nilai 277. Rosberg mengikuti dengan 229 poin, lalu Vettel di tempat ketiga dengan 218 angka.

Jalannya Balapan

Selepas start, Rosberg dan Hamilton saling adu cepat masuk tikungan pertama. Rosberg sempat memimpin, namun kemudian mendapatkan desakan dari Hamilton di tikungan dua. Hamilton pada prosesnya mengambil alih balapan, sedang Rosberg harus mengendurkan pedal dan turun ke posisi empat.

Hamilton pun memimpin di putaran pertama, diikuti Vettel, Bottas, Rosberg, dan Raikkonen di urutan lima. Sementara itu, Felipe Massa mengalami masalah pada ban depan sebelah kanan setelah berbenturan dengan Daniel Ricciardo saat start. Ricciardo sendiri mengalami pecah ban pada bagian kiri belakang.

Di putaran lima, Hamilton sudah memperlebar jarak menjadi lebih dari tiga detik atas Vettel. Sementara Rosberg tampak kesulitan menjaga gap dengan Bottas, yang di putaran ini mencapai 0,5 detik. Di belakang keempatnya, Raikkonen, Grosjean, Maldonado, Hulkenberg, Sainz, dan Ericcson melengkapi 10 besar. Ricciardo dan Massa, yang berbenturan, terlempar ke posisi 19 dan 20 secara berurutan.

Di putaran 10, Hamilton kian nyaman memimpin dengan unggul enam detik dari Vettel. Bottas, Rosberg, dan Raikkonen masih di lima besar. Sementara Grosjean, Maldonado, Sainz, Ericsson, dan Hulkenberg melengkapi 10 besar.

Posisi di lima besar berubah pada putaran 12, saat Bottas masuk ke pit. Bottas turun ke posisi tujuh. Lima terdepan saat ini adalah Hamilton, Vettel, Rosberg, Rikkonen, dan Maldonado. Grosjean sendiri terlempar ke urutan 10, juga karena masuk pit.

Hamilton masuk pit di putaran ke-17 untuk memasang bak keras. Keunggulan lebih dari 25 detik dari Vettel di posisi dua cukup untuk membuatnya keluar dengan tetap memimpin balapan. Lima besar di titik ini adalah Vettel, Bottas, Rosberg, dan Raikkonen di mana seluruhnya sudah melakukan satu kali pit. Sementara Hulkenberg, Grosjean, Maldonado, Sainz, dan Perez melengkapi 10 terdepan.

Di putaran 21, Hamilton masih memimpin dengan jarak 10,5 detik dari Vettel. Rosberg berhasil mengklaim posisi tiga setelah melewati Bottas. Raikkonen masih di posisi lima.

Tak ada perubahan di posisi lima besar sampai putaran ke-29, kala Raikkonen masuk pit. Hamilton masih memimpin diikuti Vettel, Rosberg, Bottas, dan posisi lima diisi Hulkenberg. Raikkonen sendiri keluar di posisi tujuh. Rosberg dan Bottas menyusul masuk pit di putaran berikutnya. Rosberg keluar tetap di posisi tiga, sedang Bottas merosot ke urutan delapan.

Masuknya Vettel ke pit di lap 30 membuat Rosberg berhasil mengklaim posisi dua. Namun demikian, jarak dengan pemimpin balapan di titik ini amat jauh yakni 34 detik. Hamilton pun kemudian masuk pit di lap 31, dan tetap memimpin saat kembali ke lintasan.

Di putaran 35, lima terdepan diisi oleh Hamilton, Rosberg, Vettel, Raikkonen, dan Bottas. Lima pebalap lain di belakangnya adalah Maldonado, Hulkenberg, Grosjean, Perez, dan Sainz.

Memasuki putaran ke-40, Hamilton memimpin dengan keunggulan hampir 10 detik atas Rosberg. Tak ada perubahan posisi berarti di lima besar, dengan Vettel, Raikkonen, dan Bottas mengikuti.

Memasuki tahap akhir balapan, Hamilton tampak tak tersentuh. Dia memimpin dengan keunggulan lebih dari 15 detik atas Rosberg di posisi dua pada putaran 47. Vettel, Raikkonen, dan Bottas masih melengkapi lima besar. Secara berurutan lima pebalap lain melengkapi 10 besar adalah Hulkenberg, Grosjean, Maldonado, Verstappe, dan Sainz.

Hamilton tanpa kesulitan menjaga laju dan jarak hingga melewati garis finis, 18 detik lebih cepat dari Rosberg di belakangnya. Vettel melengkapi podium dengan finis ketiga. Raikkonen dan Bottas ada di lima besar. Hulkenberg, Grosjean, Maldonado, Verstappen, dan Sainz di 10 besar. Felipe Nasr menjadi satu-satunya pebalap yang gagal finis di balapan kali ini, pada lap ke-41.

Hasil Balapan GP Jepang

1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 53 laps 1hr 28m 06.208s
2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +18.9s
3. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +20.8s
4. Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari +33.7s
5. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +36.7s
6. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +55.5s
7. Romain Grosjean Lotus-Mercedes +1m 12.2s
8. Pastor Maldonado Lotus-Mercedes +1m 13.5s
9. Max Verstappen Toro Rosso-Renault +1m 35.3s
10. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap
11. Fernando Alonso McLaren-Honda +1 lap
12. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
13. Daniil Kvyat Red Bull-Renault +1 lap
14. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap
15. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +1 lap
16. Jenson Button McLaren-Honda +1 lap
17. Felipe Massa Williams-Mercedes +2 laps
18. Alexander Rossi Manor-Ferrari +2 laps
19. Will Stevens Manor-Ferrari +3 laps
Rtd Felipe Nasr Sauber-Ferrari 50 laps completed.

Baca juga:

 

(ij-ono)

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi
SOROTAN