Kasus Positif Corona Meningkat, AS dan Australia Perintahkan Warganya Tinggalkan Indonesia, Segera!

Gary Quinlan

Gary Quinlan

 

Kasus Positif Corona Meningkat, AS dan Australia Perintahkan Warganya Tinggalkan Indonesia, Segera!

Baca juga:

Inilah Jambi – Setelah Amerika Serikat, Pemerintah Australia memerintahkan warganya yang ada di Indonesia agar segera meninggalkan negara ini.

Perintah itu disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan. Dia juga meminta wisatawan negaranya segera meninggalkan Indonesia.

Perintah tersebut menyusul kasus positif Corona di Indonesia yang kian bertambah.

“Wisatawan di Bali atau di Indonesia pada umumnya, tinggalkan Indonesia sekarang, jangan tunda kepulangan Anda,” ujar Quinlan melalui akun Twitter resminya pada Kamis 26 Maret 2020.

Kepada warga negara Australia yang memiliki izin tinggal tetap di Indonesia, Quinlan memberikan beberapa imbauan.

Dia meminta warganya mengakses informasi yang telah tersedia di laman resmi kedutaan.

“Jika Anda seorang Warga Negara Australia yang memiliki izin tinggal tetap, pastikan Anda memiliki akses ke layanan yang Anda perlukan dalam periode mendatang yang akan sulit,” ungkapnya.

Quinlan juga mengimbau warganya senantiasa tinggal di tempat yang aman. Dia berharap warganya terus berkomunikasi dengan pihak kedutaan dan keluarga.

“Jika Anda tidak dapat meninggalkan atau memilih untuk tetap di tempat Anda sekarang, buatlah rencana perpanjangan izin tinggal tetap. Pastikan Anda memiliki tempat yang aman untuk tinggal, ikuti saran dari otoritas setempat dan meminimalkan risiko terkena COVID-19. Tetap berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman agar mereka tahu Anda dalam kondisi yang aman,” jelasnya.

AS Imbau Warga Dibawah 21 Tahun Pulang

Sebelumnya, Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia juga mengimbau anggota keluarga Kedubes mereka yang berusia bawah 21 tahun meninggalkan Indonesia.

Keputusan itu diambil atas dasar pertimbangan penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia.

“Pada tanggal 25 Maret, Departemen Luar Negeri AS memerintahkan keberangkatan anggota keluarga karyawan Kedutaan di bawah usia 21 tahun dari Kedutaan Besar Jakarta, Konsulat Jenderal Surabaya dan Konsulat Medan,” tulis Kedubes AS melalui laman resminya seperti dilihat Inilah Jambi, pada Kamis 26 Maret 2020.

 

(*/)

INFORIAL