Horee, Bakal Ada Jalur Kereta Api dari Jambi ke Pekanbaru-Kertapati dan Kuala Tungkal

Inilahjambi, JAMBI – Kementerian Perhubungan berencana mengembangkan jaringan rel kereta dari Jambi ke Pekanbaru, Riau dan Kertapati, Sumsel.
Sementara untuk jaringan kereta api antar daerah dalam provinsi, bakal dibangun jalur Jambi ke pelabuhan di Kuala Tungkal.

Proyek ini merupakan pengembangan jaringan rel kereta di Pulau Sumatera, yang ditarget selesai paling lambat tahun 2019 mendatang.

“Kalau dana ada maka 2019 selesai,” kata Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub, Hermanto Dwiatmoko, pekan lalu.

Selain Jambi, proyek ini juga meliputi seluruh provinsi di Sumatera. sehingga masing-masing daerah di pulau ini terhubung dengan kereta api.

Untuk menyambungkan jaringan kereta di Sumatera, Kemenhub akan membangun rel baru sepanjang 1.520 kilometer (km).

Jaringan rel baru tersebut akan menyambungkan Lhokseumawe-Besitang sepajang 248 km, Besitang-Binjai (reaktivasi) 85 km, Rantauprapat-Duri-Dumai 249 km, Duri-Pekanbaru 90 km, Pekanbaru-Muaro 164 km, Muaro-Muaro Kalaban 26 km, Pekanbaru-Jambi 350 km, Jambi-Kertapati 218 km, dan Kertapati-Prabumulih (jalur ganda) 90 km, kata Hermanto Dwiatmoko.

“Setidaknya kita mulai bertahap. Tahun ini kita selesaikan Besitang-Binjai itu 85 km. Itu baru selesai 30 km. Baru tahun kemarin dimulai dan kalau lancar akhir tahun ini selesai. Kemarin juga tandatangan di depan Presiden untuk kontrak stasiun Dumai, mulai dari Riau,” sebutnya.

Sememntara, jaringan kereta baru yang menyambungkan daerah dengan pelabuhan yakni Pelabuhan Tanjung Api-api di Sumatera Selatan, Pelabuhan Kuala Tungkal di Jambi, Kuala Enok di Riau.

“Tanjung Api-api, di Jambi ada Kuala Tungkal, kemudian Kuala Enok itu bisa nyambung. Ini angkut barang dari tengah ke pelabuhan. Kalau di barat pelabuhan hanya Padang,” sebutnya.

Bila jaringan kereta ini tuntas, Hermanto mengaku ada dampak ekonomi dan pembangunan yang akan muncul dalam jangka panjang.

 

 

(Olivia Admira)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN