10 Manfaat Yoga untuk Ibu Hamil

yoga untuk ibu hamil

Kehamilan adalah masa dimana Anda sering merasa lelah, tidak nyaman dan merasa tubuh Anda bukan milik Anda sendiri. Namun, ada beberapa cara untuk tetap sehat dan bahagia selama masa transisi ini. Yoga untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat karena memungkinkan mereka untuk bersantai dan bersenang-senang sambil tetap bugar pada saat yang bersamaan!

Baik Anda sudah berlatih yoga atau baru saja berpikir untuk mengikuti kelas yoga, berikut ini adalah sepuluh alasan mengapa ibu hamil harus mempertimbangkan untuk menambahkan bentuk seni kuno ini ke dalam kehidupan sehari-hari:

1. Yoga untuk ibu hamil sangat cocok menghilangkan stres dan menjaga kebugaran tubuh.

Anda dapat berlatih yoga kapan pun Anda mau, yang merupakan cara terbaik untuk menghilangkan stres dan tetap bugar. Yoga untuk ibu hamil dapat meredakan stres dengan membantu mereka rileks, serta memberi mereka kesempatan untuk bersosialisasi dengan ibu hamil lainnya.

Yoga untuk ibu hamil juga merupakan cara yang bagus untuk berolahraga dan meregangkan otot-otot mereka, yang dapat membantu mengurangi nyeri punggung atau linu panggul yang disebabkan oleh kelebihan berat badan atau membawa beban ekstra di sekitar area perut (yang sering terjadi selama kehamilan).

2. Yoga untuk ibu hamil  akan membantu menghindari kemungkinan cedera.

Tetap fleksibel dan seimbang akan membantu Anda menghindari kemungkinan cedera. Fleksibilitas penting bagi wanita hamil karena membantu mereka mempertahankan postur tubuh yang baik selama kehamilan, yang dapat mengurangi nyeri punggung dan kram otot.

Langkah-langkah peregangan dalam yoga

Jika Anda mengalami masalah dengan kelenturan tubuh, cobalah peregangan sederhana berikut ini:

Duduklah bersila di lantai atau di kursi dengan satu kaki di depan kaki yang lain.

Tekan jari-jari kaki Anda dengan lembut hingga menekuk ke atas, lalu tahan selama lima detik sebelum mengendurkannya kembali dan ulangi tiga kali untuk setiap kaki.

Membungkuk ke depan dengan menekuk pinggul.

Jika peregangan ini terasa cukup mudah bagi Anda, cobalah bergerak ke posisi membungkuk ke depan dengan menekuk pinggul hingga kedua lutut bersentuhan. Pose ini akan meregangkan paha belakang sekaligus memperkuatnya!

3. Yoga untuk ibu hamil dapat membantu mengurangi kelelahan dan sakit kepala.

Yoga untuk ibu hamil juga dapat membantu mengurangi beberapa gejala kehamilan yang umum terjadi, seperti kelelahan dan sakit kepala.

4. Yoga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari.

Menurut National Sleep Foundation, wanita hamil yang berlatih yoga melaporkan bahwa mereka tidur lebih lama daripada mereka yang tidak. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa yoga membantu meredakan stres – yang dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur (dan tetap tertidur).

5. Yoga prenatal juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada kaki atau pergelangan kaki Anda.

Pembengkakan disebabkan oleh penumpukan cairan pada jaringan di sekitar persendian dan organ – jadi jika ada area di mana hal ini lebih sering terjadi daripada area lainnya (seperti tangan Anda), mungkin ada baiknya Anda melakukan peregangan ekstra pada bagian tubuh tersebut.

6. Yoga untuk ibu hamil meningkatkan sirkulasi darah karena membantu mengendurkan otot-otot Anda.

Yoga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan sirkulasi darah karena membantu mengendurkan otot-otot Anda. Seperti yang Anda ketahui, ketika otot-otot rileks, mereka dapat mengembang dan memungkinkan lebih banyak darah mengalir melaluinya.

Hal ini penting karena membantu mengurangi stres pada tubuh dan dapat membuat Anda merasa lebih baik secara keseluruhan.

Selain melemaskan otot-otot Anda, yoga juga meningkatkan pernapasan yang berujung pada kualitas tidur yang lebih baik! Kehamilan yang lebih sehat akan mengarah pada pemulihan yang lebih cepat setelah kelahiran (jika semuanya berjalan dengan baik). Jadi mengapa tidak memulainya dari sekarang? Yoga tidak hanya membantu dalam hal-hal tersebut, tetapi juga mempersiapkan mental kita untuk menghadapi persalinan!

7. Yoga untuk ibu hamil juga dapat memperlambat detak jantung Anda, sehingga tubuh Anda dapat pulih dengan lebih kuat.

Sebagai seorang wanita hamil, Anda mungkin pernah mendengar bahwa yoga baik untuk Anda. Namun, apa sebenarnya yang dilakukannya?

Yoga dapat membantu tubuh Anda rileks dan mengurangi stres, sehingga otot-otot dalam tubuh Anda dapat beristirahat dengan lebih baik. Ketika mereka pulih dari cedera atau penyakit, mereka akan dapat pulih lebih cepat dengan lebih sedikit rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Jika Anda baru saja pulih dari operasi atau persalinan (atau keduanya!), yoga juga akan membantu menjaga kelenturan otot-otot tersebut agar tidak menjadi kaku lagi setelah proses penyembuhan.

8. Yoga untuk ibu hamil dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan relaksasi

Selain membantu Anda rileks, latihan pernapasan juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Saat Anda hamil, mudah sekali stres dan kecemasan menguasai hidup Anda.

Mempelajari cara bersantai bisa jadi sulit pada awalnya – terutama jika Anda tidak terbiasa melakukannya – tetapi dengan latihan, tubuh Anda akan mulai merasa tidak terlalu tegang seiring berjalannya waktu.

Teknik pernapasan telah terbukti dalam studi penelitian bahwa teknik ini efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan dan stres selama kehamilan dengan meningkatkan asupan oksigen ke dalam aliran darah ibu dan bayi melalui latihan pernapasan dalam seperti pernapasan diafragma (juga dikenal sebagai pernapasan perut).

Teknik pernapasan dalam yoga sering digunakan selama persalinan

Teknik pernapasan sering digunakan selama persalinan untuk mengurangi rasa sakit dan stres. Ketika Anda berada di tengah-tengah proses persalinan, mungkin sulit untuk fokus pada hal lain selain pernapasan Anda.

Hal ini karena dengan berfokus pada pernapasan akan membantu Anda rileks sehingga mengurangi tingkat stres dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membuat segalanya lebih mudah bagi ibu dan bayi.

Ketika seorang wanita hamil, ia membutuhkan semua oksigen yang bisa ia dapatkan! Faktanya, beberapa ahli percaya bahwa ketika seorang wanita berlatih yoga selama masa kehamilannya, ia akan meningkatkan tingkat energinya karena yoga membutuhkan banyak usaha dari tubuh kita (yang berarti lebih banyak oksigen).

Hal ini juga akan membantu mencegah penyakit umum seperti sakit punggung atau linu panggul yang dialami banyak wanita selama trimester pertama mereka karena peningkatan berat badan di sekitar bagian tengah tubuh.

9. Latihan yoga secara teratur membantu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas.

Kehamilan adalah masa-masa yang penuh dengan stres dan kecemasan, terutama jika Anda baru pertama kali menjadi ibu. Yoga untuk ibu hamil dapat membantu  mengelola emosi ini dengan meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus dan rileks.

Latihan yoga secara teratur juga akan meningkatkan kualitas tidur, yang penting selama kehamilan karena dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak secara keseluruhan.

Mampu tertidur lebih cepat dan tidur lebih lama adalah suatu keharusan selama kehamilan! Latihan yoga secara teratur membantu meringankan rasa tidak nyaman dengan melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan fleksibilitas, sehingga Anda dapat beristirahat dengan lebih baik di malam hari. Hasilnya? Lebih banyak energi sepanjang hari… tidak perlu tidur siang lagi!

10. Yoga dapat memperkuat otot dan membantu Anda rileks.

Yoga adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan sehat selama kehamilan. Yoga adalah bentuk olahraga berdampak rendah yang berfokus untuk membuat segala sesuatunya terasa lebih mudah dengan memperkuat otot, membantu Anda rileks, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Yoga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena membantu tubuh Anda rileks setelah hari yang panjang. Yoga juga meningkatkan fleksibilitas Anda sehingga ketika bayi keluar, tidak akan sulit bagi mereka untuk bergerak di dalam tubuh Anda!

Yoga memastikan bahwa ibu dan ayah siap untuk menyambut kedatangan si kecil dengan mengajari mereka cara bernapas dengan benar sambil bergerak dalam berbagai pose (postur).

Kesimpulan

Berlatih yoga secara teratur selama kehamilan memiliki banyak manfaat bagi ibu dan bayi

Yoga adalah cara yang bagus untuk tetap bugar dan sehat selama kehamilan. Yoga juga dapat membantu mengurangi beberapa gejala umum seperti kelelahan dan sakit kepala, serta meningkatkan sirkulasi darah.

Mempelajari cara bernapas dengan benar selama latihan juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan keterampilan relaksasi yang merupakan kunci bagi wanita hamil!

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN