Mencla-Mencle KPU Jambi, PSU Tak Jelas Kapan Dilaksanakan

Jangan Lupa Berbagi

Mencla-Mencle KPU Jambi, PSU Tak Jelas Kapan Dilaksanakan


Inilah Jambi – Jadwal Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi makin tak jelas. KPU terkesan mencla- mencle. Sebab Informasi yang berkembang, jadwal pemungutan diundur pada pertengahan atau akhir Mei 2021.

Padahal sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum RI mengumumkan jadwal pemungutan akan dilaksanakan 5 Mei 2021. Baca disini:

Belakangan, Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan, meralat dengan mengatakan bahwa 5 Mei itu baru jadwal ajuan mereka ke KPU Pusat. Sampai kini dia bahkan belum dapat memastikan kapan PSU akan dilaksanakan.

“Kemarin kita rancang tanggal 5 Mei. Pada prinsipnya kita siap tanggal 5. Tapi kan harus kita konsultasikan dengan KPU RI sebagai atasan kita. Nah, setelah konsultasi berkembanglah pendapat di sana. Itu yang harus kita ikuti. Karena inikan mesti dikaji lagi, jangan sampai nanti terdesak-desak malah menjadi persoalan lagi kan,” ujar Subhan dihubungi wartawan Jumat malam 2 April 2021.

Menurut Subhan, pihaknya akan berkoordinasi lagi dengan Forkompinda Jambi guna menentukan jadwal PSU. “Hari Rabu depan akan ada kepastiannya kapan PSU akan dilaksanakan,” kata Subhan.

Ditanya apa kendala yang dihadapi oleh KPU saat ini terkait teknis pelaksanaan PSU, Subhan tidak menjawab tegas. Sejauh ini, kata dia, persoalan anggaran untuk PSU telah disiapkan oleh pihaknya.

Terkait potensi konflik dalam masyarakat yang muncul jika pelaksanaan PSU dilaksanakan mendekati akhir waktu yang ditentukan, Subhan menampiknya. Menurut dia tidak ada juga jaminan potensi konflik hilang jika PSU dilakukan pada 5 Mei 2021 tersebut atau lebih cepat.

Baca selengkapnya: 

“Bagi kami KPU tetap siap kapan pun sebenarnya, kalau bisa lebih baik lebih ok kan. Yang jelas kita tidak bisa didesak cepat ataupun diminta ulur-ulur lagi,” kata Subhan lagi.

Dia menekankan,  putusan MK merupakan catatan penting bagi pihaknya agar melaksanakan hajat ini dengan sebaik mungkin, agar kepercayaan publik terhadap KPU tidak buruk lagi.

“KPU ini tidak bisa ditekan cepat ataupun lambat, yang jelas PSU akan kita lakukan dengan baik dan profesional serta netral. Tidak akan mudah ditekan kesana-kemari. Intinya, maunya kita PSU ini bisa dilaksanakan secepat mungkin, tetapi putusannya tunggu kita rapatkan dulu dengan Forkompinda lagi,” kata Subhan.

Baca juga:

***

 

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi

Tinggalkan Balasan

SOROTAN