Pernah Terbakar, Masuk Jurang, Tabrak Orang Sampai Mati, Dishub Diminta Evaluasi Izin PO Bus Family Raya

Pernah Terbakar, Masuk Jurang, Tabrak Orang Sampai Mati, Dishub Diminta Evaluasi Izin PO Bus Family Raya

Bus Family Raya Kecelakaan

InilahjambiBus PO Family Raya Ceria seringkali mengalami kecelakaan yang menyebabkan korban tewas dan luka-luka.

Untuk trayek Jambi-Padang dan sebaliknya, sedikitnya bus dengan warna khas hijau ini telah mengalami beberapa kali kecelakaan maut.

Pada 14 Juni 2015, berdasarkan catatan tribunjambi.com, bus ini pernah jatuh ke jurang di Rantau Panjang, Tabir, Kabupaten Merangin. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Namun 48 penumpang mengalami luka-luka dan patah.

Baca juga:

Pada Januari 2014 bus ini bahkan pernah terbakar sendiri saat membawa penumpang di KM 147 hingga 400 Jorong Bukit Talawung, Kabupaten Sinjunjung, Sumatera Barat.

Terbakarnya Bus PO Family Raya dengan Nomor Polisi BH 7851 FU mengakibatkan sembilan penumpang meninggal dunia.

“Dari 36 orang penumpang, 9 diantaranya dinyatakan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut,” kata Kepala Pelaksana Tugas BPBD Kabupaten Sijunjung Hardiwan ketika dihubungi dari Padang, saat itu, seperti dikutip dari beritasatu.com.

Kemudian pada 26 Desember 2016, bus ini juga mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Lintas Sumatera arah Jambi KM 03 Dusun Manggis, Kecamatan Bathin III.

Kenali.co mencatat, Bus Po Family Raya terbalik akibat hilang kendali saat melewati tikungan tajam sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Akibatnya 16 orang penumpang bus mengalami luka-luka dan terpaksa dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa terakhir yang dialami oleh PO Bus Family Raya adalah kecelakaan di Pemayung, Kabupaten Batanghari, Jambi, pada 1 Oktober 2017. Dalam kejadian ini dua orang mahasiswa tewas terlindas ban bus.

Berita terkait:

 

Menyikapi kecelakaan itu, sejumlah masyarakat berkomentar agar izin bus dicabut atau evaluasi.

“Sudah layak izin bus ini dicabut, karena sudah seringkali kecelakaan dan menyebabkan korban maninggal dunia. Dinas perhubungan atau kementerian harus meninjau lagi izinnya,” kata Wawan, warga Kota Jambi.

Di Jambi, PO Bus ini memiliki Kantor perwakilan yang beralamat di Simpang Mayang, Kota Jambi.

Pihak PO Bus Family Raya tidak dapat dihubungi. Nomor telepon kantor perwakilan Family Raya di Jambi di Simpang Mayang, Kota Jambi, hanya melayani pembelian tiket dan pengataran barang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra juga belum merespon pertanyaan Inilahjambi tentang kewenangan Dishub terkait perizinan Po Family Raya.

 

 

 

(Nurul Fahmy)

INFORIAL