Ribuan Orang Tinggalkan Kota Jambi Tahun 2015 Ini

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Dengan jumlah penduduk hampir 700 ribu jiwa, Kota Jambi saat ini sudah mulai terasa sesak dipadati warga, perumahan dan lalu-lalang kendaraan.

Ruas jalan yang tidak bertambah, arus kedatangan warga dari luar kota dan wilayah yang tidak terlalu luas, serta meningkatnya pertumbuhan properti semakin membuat kota ini terasa penuh.

Tapi untunglah, dari sekian banyak pertumbuhan, ada juga ribuan warga yang meninggalkan Kota Jambi, bermukim ke kota-kota lain, baik di Jambi maupun provinsi lain.

Tahun 2015 ini saja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi mencatat sebanyak 1.338 penduduk yang pindah atau meninggalkan kota ini.

Wilayah dengan perpindahan penduduk yang paling tinggi adalah Kecamatan Kotabaru dan Jambi Selatan.

Menurut Kasi Pendaftaran Pindah Penduduk, Dukcapil Kota Jambi, Waldjinah, 426 jiwa warga Kecamatan Kotabaru pindah tahun 2015 ini, sementara Kecamatan Jambi Selatan terdapat 322 jiwa, sisanya adalah kecamatan-kecamatan lain.

Diakui Waldjinah, kepindahan warga kota tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan. Jauh melonjak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini perpindahan penduduk Kota Jambi meningkat dari tahun sebelumnya, sangat signifikan,” ujarnya Jum’at 30 Oktober 2015 di kantor Dukcapil Kota Jambi.

Dipaparkan Waljinah, secara umum kepindahan warga Kota Jambi ke kota-kota lainnya disebabkan faktor perkawinan.
Mereka yang nikah dengan warga kota lain, biasanya akan melaporkan kepindahannya, agar dapat dicatat sebagai warga di daerah yang baru. Dan umumnya yang pindah adalah laki-laki.

“Kebanyakan laki-laki (yang pindah). Hampir 80 persen. Faktor utama perpindahan penduduk adalah pindah nikah,” pungkas Waldjinah.

 

(Zalman Irwandi)

Bagikan
HOT NEWS