Mon. Aug 19th, 2019

Rumahnya Digeledah KPK, Begini Profil James Riady, Bos Nomor 2 Grup Lippo ini..

James Riady/Dari berbagai Sumber/Foto Tempo.co

Inilahjambi

Penyidik KPK menggeledah kediaman salah satu petinggi Lippo Group, James Riady. Penggeledahan dilakukan untuk menelusuri keberadaan bukti kasus dugaan suap pengurusan perizinan proyek Meikarta.

“Kami duga ada bukti terkait perkara yang ada di lokasi (kediaman James Riady) tersebut,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis 18 Oktober 2018.

Selain rumah James, KPK juga menggeledah Apartemen Trivium Terrace di Cikarang, Bekasi. Febri menyebut lokasi tersebut dicurigai berkaitan dengan pihak Lippo Group.

“Kami duga terkait pihak Lippo Cikarang,” kata Febri.

Siapa James Riady?

Dia adalah seorang konglomerat besar Indonesia yang tak lain adalah anak dari seorang pengusaha sukses Mochtar Riady. James merupakan penerus kedua dari perusahaan Ayahnya, Lippo Grup. James menaungi Lippo Grup yang beranggotakan para konglomerat dan merupakan grup konglomerat terbesar dengan kekayaan nomor satu di Indonesia.

James Riady, seorang bankir berkemampuan tinggi dengan predikat sebagai pewaris tunggal kekayaan milik ayahnya Mochtar Riady. Kemampuan yang Ia miliki untuk merancang jalan bisnis yang akan digunakan sangat cepat, tepat serta inovatif.

Saat masih anak-anak, James dikirim ayahnya ke Macau untuk sekolah. Ia diajarkan untuk hidup mandiri oleh Mochtar Riady.

Setelah empat tahun bersekolah di Macau, James Riady kemudian pindah ke Australia dan kuliah di University of Melbourne.

Di Australia, ia tinggal disana selama delapan tahun. Setelah menamatkan kuliahnya di University of Melbourne di Australia, Ayahnya kemudian mengirim James Riady ke Amerika untuk terjun ke dunia bisnis di bidang Perbankan pada tahun 1977.

James juga aktif dalam bidang sosial dengan tetap berdiri dibawah naungan bendera Lippo Group. Ia memiliki kemudian mendirikan sebuah pendidikan terpadu untuk menyalurkan minatnya di bidang sosial ini, melalui Sekolah Pelita Harapan (SPH).

Nama James Riady kembali mencuat dalam pembangunan “Meikarta” sebuah nama baru yang disematkan oleh CEO Lippo Group ini untuk megaproyek Kota Baru di Cikarang dengan total luas 500 hektare. Estimasi investasinya tak tanggung-tanggung: hingga Rp278 triliun. Rencana pengembangan Meikarta di Kabupaten Bekasi memang kawasan strategis karena dikelilingi beberapa kawasan industri.

 

 

Sudah dibagikan