Rupiah Anjlok, Ombudsman Perwakilan Jambi: Karena Asian Games dan Habis Lebaran Haji

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi Taufik Yasak/serujambi.com

Inilah Jambi

Inilah Jambi

Rupiah Anjlok, Ombudsman Perwakilan Jambi: Karena Asian Games dan Habis Lebaran Haji


Inilah Jambi – Rupiah sempat mengalami pelemahan hingga mencapai Rp15.017.00,- perdolar Amerika pada Selasa malam 4 September 2018, sekitar pukul 21.00 WIB, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jambi Taufik Yasak, mengatakan, ada sejumlah penyebab turunnya nilai rupiah terhadap dolar.

“Ada beberapa penyebabnya,” kata Taufik kepada Inilahjambi, Selasa malam 4 September 2018.

Menurut Taufik, penyebabnya antara lain karena negara inj baru usai mengadakan Asian Game.

“Kemudian juga karena umat baru merayakan lebaran haji,” kata Taufik lagi.

Baca juga:

Dikatakan Taufik, adanya gagal panen akibat musim kering dan kemarau, juga menjadi pemicu pelemahan mata uang rupiah. Serta kejadian alam lainnya seperti gempa gelombang pasang dan lain lain.

“Adanya kenaikan gaji PNS dan angkatan, juga jadi pemicu. Harga beberapa komoditi unggulan anjlok, seperti sawit, karet, batubara dan tambang lainnya,” paparnya.

Kemudian produk dalam negeri tidak bisa bersaing terhadap barang import terutama serbuan barang -barang dari Cina yang lebih murah.

“Yang tidak kalah penting masyarakat Indonesia menjadi salah satu negara konsumen terbesar pemakai dan penggunan telpon HP, yang rata-rata hanya sekedar gengsi dan cuma untuk konunikasi yang tidak produktif, ” pungkasnya.

Baca juga:

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan sumber dengan link berita terkait, bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita ini. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.
SOROTAN
error: OPPPS, MAU NGAPAIN? Konten ini dilindungi !!