“Seni Peran Ya?….Hmmm”

Inilahjambi– Seni peran adalah salah satu bentuk kesenian yang memerlukan penjiwaan. Pada tahap awal ketika mulai mempelajari seni peran barangkali cukup sulit, sebab aktor atau aktris akan memerankan sebuah karakter yang mungkin kebanyakan tidak sesuai dengan karakter sesungguhnya dari aktor atau aktris tersebut.Namun disanalah tuntutan bagi seorang aktor atau aktris.

Seni peran ini sebetulnya adalah bentuk kesenian yang memerlukan waktu cukup panjang untuk menganalisnya. Sehingga dapat dikatakan tidak ada ada kata habis dalam mempelajari kesenian ini. Selaku aktor atau aktris yang memerankan sebuah karakter akan dituntut betul, bagaimana karakter yang diperankannya tersebut. Oleh karena itu, perlu pendalaman, penghayatan, bahkan pemahaman tentang karakter yang diperankannya.

Misalnya, sosok aktor tampan dan berbakat Reza Rahadian yang telah banyak memperoleh penghargaan dan membintangi berbagai film seperti Rudy Habibie, harus rela belajar banyak hal untuk benar-benar dapat memerankan sosok seorang BJ. Habibie dalam film yang dibintanginya tersebut. Seperti dilancir dari tempo.co, untuk bisa menyerap semangat Habibie muda, Reza harus melakukan lagi pelatihan karakter bersama Habibie. Ia mengatakan banyak hal yang kembali digali dari sosok Presiden Republik Indonesia ketiga itu, seperti kisah-kisahnya selama jadi pelajar di Jerman. Hal itu merupakan salah satu bentuk analisis yang memerlukan waktu cukup panjang dalam proses penganalisisan dan pembelajaran dalam seni peran.

Namun jangan takut, hal itu tentunya akan menjadi tantangan tersendiri bagi seorang aktor. Selain itu, hal yang demikian tentunya akan menambah pengalaman serta pembelajaran. Selain harus belajar mengenai pendalaman karakter, seorang aktor juga tentu perlu mempelajari olah kata, olah tubuh, atau pun olah rasa. Ya…, walaupun sebetulnya olah rasa sudah pasti akan turut serta dipelajari ketika seorang aktor mempelajari pendalaman karakter.

Nah, seni peran ini tentunya menyenangkan bukan? Sebagai makluk sosial yang berdampingan dengan manusia dan makhluk-makhluk lainnya pastinya kita akan dituntut untuk selalu peka. Melalui seni peran, sedikit tidaknya, Anda akan berlatih tentang kepekaan terhadap lingkungan sekitar dengan proses-proses pembelajaran yang menyenangkan dan menambah pengalaman baru serta pengetahuan yang lebih banyak lagi.
Anda bisa mulai mencoba bermain seni peran melalui kesenian drama atau teater. Hayo bagaimana…., Anda tertarik atau tidak dengan seni peran? Dicoba saja, siapa tahu jadi terkenal seperti Reza Rahadian, hihi 

 

 

(Allisha Razak)

HOT NEWS