Survey: Edy Brutu dan Bivi Edward Penentu Kemenangan Pilkada Dairi

Inilahjambi-Jelang Pilkada serentak tahun 2018 mendatang, salah satu media online di Sumatera Utara (onlinesumut.com) merilis hasil survey berdasarkan wawancara tatap muka langsung untuk Pilkada Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Berdasarkan survey tersebut , calon wajah baru di Kabupaten yang terkenal dengan kopi Sidikalangnya menempati trend teratas.

Dari hasil jajak pendapat mengukur tingkat toleransi sikap dan perilaku pemilih terhadap keinginan untuk mengikuti pesta demokrasi yang jatuh pada 27 Juni 2018. Serta pasangan yang popular dari 400 responden baik wanita dan pria yang tersebar di 15 kecamatan dengan sampling error 5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Penangung jawab Onlinesumut.com wilayah Kabupaten Dairi mengatakan, penyebaran kuisioner secara merata ke 15 kecamatan dengan prosentase kepadatan jumlah penduduk dilakukan sejak 23 sampai dengan 29 Agutus 2017.

“Rilis survei dan polling menggunakan data survey wawancara tatap muka langsung di 15 Kecamatan dengan populasi 400 responden.

Sumber data tersebut menggunakan metode multistage random sampling dalam teknik pengambilan sampel responden,” ucap Gunawan dalam keterangannya, Jakarta, Kamis 31 Agustus 2017.

Dia menjelaskan presentasi dengan hasil temuan survey di 15 Kecamatan Dairi, ditemukan sebanyak 32,8% pemilih Edy KA Berutu menjadi penentu kemenangan jika berpasangan dengan Bivi Edward Panggabean di Pilkada Kab Dairi 2018.

“Namun putra Bupati petahana yang juga anggota DPRD Kabupaten Dairi Depriwanto Sitohang memiliki angka 17,34%, jikalau salah memilik pasangan dan kasus dugaan korupsi dana PKK yang mengarah ke ibunya bergulir maka akan menggerus elektabilitasnya,” ungkap dia.

Gunawan menjelaskan bahwa tingkat perilaku responden survey, alasan dalam memilih calonnya di Pilkada Kabupaten Dairi termasuk program yang diusung calon, ternyata masih mendominasi para calon pemilih.

“Kemudian sebanyak 89.78% dari responden di 15 Kecamatan menolak money politik, namun 9,9% ragu-ragu dan tidak setuju, 0,31% tidak menjawab,” ujar dia.

Sedangkan sebanyak 65,6% dari responden di 15 Kecamatan menyukai calon dari partai politik dan 24,5% memilih independent.

Gunawan menjelaskan bahwa variable penting yang mendorong alasan para responden untuk memilih pasangan calon pimpinan Kabupaten Dairi mendatang adalah karena pimpinan yang memiliki komunikasi yang bagus untuk membawa nama Dairi dan Sidikalang ke kancah Nasional dan Internasional sebanyak 92,26%.

Dia menambahkan survey wawancara tatap muka ini, disarankannya agar Pilkada Kabupaten Dairi 2018 bisa berlangsung aman, tertib dan lancar demi Indonesia damai serta Kabupaten Dairi bisa semakin lebih maju dalam penataan pembangunan di masa akan datang.

 

 

(Olivia Admira)

Bagikan
HOT NEWS