Tekan Meluasnya Konflik Susulan, Polisi Blokade Perbatasan Aceh-Sumut

Inilahjambi, SINGKIL – Guna menekan meluasnya konflik antar massa di Kabupaten Aceh Singkil, Polda Aceh dibantu Polda Sumatera Utara untuk memblokade perbatasan.
Hal itu disampaikan Kapolda Aceh Irjen Pol Husein Hamidi kepada wartawan saat mengecek ke Desa Suka Makmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (14/10/2015).
Menurut kapolda Aceh Irjen Husein pihaknya sudah melakukan pengamanan sejak Selasa kemarin dan mendapat backup dari TNI.
Selain itu, aparat kepolisian di Sumatera Utara juga melakukan pengamanan mengantisipasi adanya pihak-pihak yang masuk ke Aceh atau pengerahaan massa agar tidak menyulut konflik susulan.
Kapolda pun memastikan bahwa saat ini situasi di kabupaten Aceh Singkil sudah terkendali namun pihak aparat keamanan terus siaga.
Kapolda Aceh Husein mengaku belum mendapat laporan resmi terkait informasi adanya warga Aceh Singkil yang mengungsi ke Sumatera Utara.

Ketika ditanyai pemicu bentrok massa, kapolda mengatakan terkait tuntutan salah satu kelompok tentang penutupan sejumlah rumah ibadah dengan alasan tidak berizin.
Hal ini karena adanya sebuah kesepakatan antara dua kelompok massa yang bertikai dan dimediasi pemerintah setempat tahun 1979 dan tahun 2001 lalu.
Sebenarnya, lanjut Kapolda Irjen Husein, Pemerintah Aceh Singkil telah memediasi masalah kedua kelompok ini yang hasilnya akan ada penertiban pada tanggal 19 Oktober mendatang.
“Sayangnya ini belum dilakukan ada kelompok massa yang tidak dapat menahan diri melakukan aksi hingga berujung bentrok,” ujar Kapolda Husein. (ij-ono)

 

sumber ; Serambi Indonesia

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN