Tinggal 400 Ekor-an, Muncul Gerakan Donasi untuk Harimau Sumatera

Inilahjambi, JAMBI – Lembaga konservasi Indonesia yang berjaringan secara internasional “World Wild Fund for Nature” atau WWF Indonesia menggerakkan program perlindungan harimau Sumatera dengan cara mengumpulkan donasi.

Dalam laman resmi organisasi itu disebutkan, saat ini harimau Sumatera merupakan harimau Indonesia terakhir dengan populasi kurang dari 400 ekor di habitat alaminya.

“Selamatkan mereka dengan menjadi Warrior. Pemberian donasi mulai dari Rp 50.000/bulan.”

Harimau (Panthera tigris) terbagi menjadi sembilan subspesies yang tersebar di Asia, mulai dari daratan Turki hingga ke Rusia dan Indonesia. Namun saat ini hanya tersisa enam subspesies harimau saja di dunia. Tiga subspesies harimau lainnya telah punah.

Di Indonesia, harimau Sumatera merupakan satu-satunya harimau yang tersisa setelah saudaranya, harimau Bali (Panthera tigris balica) dan harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dinyatakan punah pada tahun 1930-an dan 1970-an.

Tingginya tingkat perburuan & perdagangan ilegal, kurangnya sumber makanan untuk bertahan hidup, serta rendahnya tingkat reproduksi harimau Sumatra mengakibatkan semakin menurunnya populasi harimau Sumatra menjadi kurang dari 400 ekor di alam bebas.

 

 
(Muhammad Ikhlas)

Bagikan
HOT NEWS