Abu Bakar Jamalia: Pengurus RT Diharapkan jadi Teladan Pengamalan Pancasila

Inilahjambi,JAMBI – Situasi politik dan ekonomi dunia yang tidak menentu, membuat banyak kalangan memperkirakan bahwa kondisi ini akan berlangsung tidak sebentar. Bisa sampai akhir tahun ini, bisa juga sampai tahun depan.

Situasi yang tidak menentu ini, membuat sebagian dari masyarakat mengalami depresi sosial, ekonomi dan politik. Harga-harga bahan pokok makanan melambung tinggi hingga daya beli masyarakat melorot tajam. Belum lagi
jika musibah dan bencana alam menimpa, seakan menambah daftar rentetan penderitaan sebagian dari masyarakat Indonesia.

Sebentar lagi Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan yang ke 72 tahun. Kemarin merupakan ujian bagi pemantapan kualitas pandangan, pemikiran, tindakan masyarakat Indonesia agar tidak cepat panik dalam menghadapi situasi dan kondisi seperti sekarang ini. Kuat dalam memegang idiologi kebangsaan dan tetap setia kepada negara.

Momentum 17 Agustus nanti langsung dimanfaatkan Anggota DPD/MPR RI Dapil Jambi H. Abu Bakar Jamalia, untuk menyapa masyarakat yang terdiri dari para pengurus Rukun Tetangga (RT), di Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi, dengan digelarnya acara Sosialisasi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Minggu 23 Juli 2017.

Sebagaimana diketahui, selaku anggota MPR RI melakukan sosialisasi ini kepada masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan tugas kenegaraannya. Pada kesempatan itu, Abu Bakar Jamalia menegaskan betapa pentingnya penguatan wawasan kepancasilaan dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalamnya bagi kalangan aparatur pemerintahan dari mulai tingkat RT, RW, Kelurahan dan Kecamatan.

“Kita ketahui semua bahwa sila-sila Pancasila masih sangat kontekstual dengan kehidupan sekarang ini, Artinya bahwa sebagai makhluk sosial, dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, setelah kita
menempatkan ketuhanan sebagai jalan hidup masyarakat Indonesia, maka hubungan antar warga-bangsa menjadi penguat nilai dari sila pertama sekaligus juga sebagai ladang amal sosial di dunia untuk akherat”, katanya.

H. Abu Bakar Jamalia juga mengimbau kepada para aparatur pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, terutama bagi pengurus RT, agar terus dapat meningkatkan wawasan kebangsaan.

Dalam sesi tanya jawab, Mahadi yang merupakan salah satu seorang pengurus RT dan tokoh masyarakat di Kota Jambi, menanggapi dan menyambut positif kegiatan sosialisasi empat pilar ini. “kami selaku pengurus RT, sangat antusias dan menyambut positif kegiatan sosialisasi ini dan berharap agar kegiatan ini bisa dilakukan secara terus menerus” harapnya.

 

 

(Reynol)

Bagikan
HOT NEWS