Beasiswa Hunter! LPDP Siapkan Dana Rp 3 Triliun untuk Beasiswa di 2017

Inilahjambi – Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyiapkan dana beasiswa sebesar Rp 3 triliun untuk tahun depan. Hal ini seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk melanjutkan pendidikan.

“Belanja LPDP untuk tahun depan Rp 3 triliun, adalah untuk beasiswa,” ungkap Eko Prasetyo, Direktur Utama LPDP dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Program beasiswa tersebut meliputi beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertai, beasiswa afirmasi, beasiswa spesialis kedokteran dan lainnya.

Eko menjelaskan, tingginya minat untuk melanjutkan pendidikan terlihat dari peningkatan jumlah penerima beasiswa. Pada 2015, penerima beasiswa yang tengah berjalan 4.789 orang, 2016 meningkat menjadi 8.906 orang dan tahun depan diperkirakan menjadi 12.100 orang.

“Ada sekitar 4.000 orang menjadi peserta tahun depan,” imbuhnya.

Akan tetapi, LPDP memang sedikit terkendala dari sisi pendapatan. Pada 2016, pendapatan LPDP hanya Rp 1,4 triliun, namun belanja yang direalisasikan diperkirakan mencapai Rp 2,3 triliun. Tahun depan, pendapatan diperkirakan Rp 1,5 triliun dan belanja Rp 3 triliun.

Maka dari itu, LPDP meminta suntikan modal atau penyertaan modal negara (PMN) untuk tahun depan sebesar Rp 2,5 triliun. Ini sekaligus untuk menutupi defisit pada tahun 2016.

“Artinya dilihat bahwa pendapatan yang diperoleh tidak cukup untuk menutup belanja pada tersebut,” ujarnya.

*sumber: Detik.com

(Renny N)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN