Duit Bintek Ditahan BPMPD, Kepala Desa di Merangin Bingung Mau Ngapain

Inilahjambi, MERANGIN – Dana Bimbingan Teknis (Bintek) bagi kepala desa hingga kini belum cair dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten. Sejumlah kepala desa di daerah itu merasa kelimpungan.

Padahal, jadwal pencairan Dana Bintek itu dijanjikan awal November 2015 ini. Namun hingga pertengahan bulan ini duit yang diharapkan belum juga turun.

“Kami tidak bisa gunakan duit Bintek untuk keperluan bimbingan. Sebab dana itu tidak bisa dicairkan kalau tak ada nota dinas Kepala BPMPD kepada pihak BPKAD. Sementara kepala BPMPD tak mau bikin nota dinasnya,” ungkap satu kepala desa di Merangin yang malu-malu sebut nama.

Menurut dia, Bupati Merangin sudah tegas-tegas memerintahkan ke BPMPD agar mencairkan dana itu. Sebab jika tidak cair, dia tidak bisa ikut Bintek. Kalau bintek tak dilaksanakan, dana akan dikembalikan ke kas negara,” sesalnya.

Kabid Pemdes BPMPD Merangin, Wakidi, mengaku pihaknya belum bisa melakukan pencairan dana bintek karena masih banyak kepala desa yang belum buat SPJ untuk diserahkan kepada BPMPD.

“Sampai saat ini baru 32 desa yang mengajukan SPJ untuk pencairan tahap kedua,” ujar Wakidi.

Wakidi menyebutkan proses pencairan dana desa tersebut harus melalui prosedur yang pas, dan tidak bisa dilakukan pencairan kecuali ada petunjuk dari Bupati tentang hal yang mendesak.

“Pencairan itu harus ada dasarnya, kalau tidak bagaimana kita bisa mencairkannya,” tutupnya.
(Kil)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN