Megawati Puji Pencapaiannya Sendiri dalam Artikel Ilmiah yang Ditulisnya

Megawati Puji Pencapaiannya Sendiri dalam Artikel Ilmiah yang Ditulisnya


Inilah Jambi – Ketua Umum PDIP dan Presiden Republik Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri akan diberi gelar kehormatan (honoris causa) dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI).

Jelang itu, beredar jurnal akademik karya Megawati di media sosial. Jurnal yang disebut sebagai syarat penerimaan gelar Profesor itu direspons dengan sinis, sebab dalam artikel ilmiah itu, Megawati menuliskan sejumlah klaim bahwa selama menjabat sebagai presiden, dia berhasil mengantar Indonesia melewati era “krisis multidimensi”.

Alhasil, cap narsis diberikan netizen kepada Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional tersebut.

Cuitan sosiolog Sulfikar Amir di Twitter jadi pemicu pertama diskusi seputar etis tidaknya menggunakan tulisan ilmiah untuk “memuji-muji” pencapaian hidup diri sendiri.

Jurnal karya Megawati itu bisa dibaca atau diunduh dari sini, namun izinkan kami menghemat waktu Anda sekalian dengan memaparkan intinya.

Dalam artikel itu, Megawati mengklaim kepemimpinannya berhasil membawa Indonesia melewati krisis di bidang ekonomi, politik, sosial, lingkungan, dan militer. Dia juga menceritakan alasan-alasan di balik kebijakan yang diambilnya tersebut. Tapi yang menarik, Megawati justru mencoba memperkuat klaim tersebut dengan pendapat para menterinya di era Kabinet Gotong Royong.

Baca juga:

Misal, keberhasilan di bidang ekonomi divalidasi dengan pendapat Dorodjatun Kuntjoro-Jakti selaku Menko Perekonomian, lalu keberhasilan di bidang politik diungkapkan oleh Hari Sabarno selaku Menteri Dalam Negeri.

“Mungkin cuma Megawati yang minta testimoni keberhasilan dari anak buahnya, menandakan beliau adalah figur yang down-to-earth, mengingat pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang dicintai anak buah. Bismillah, komisaris ESEMKA,” cuitnya.

Penganugerahan gelar akan dilakukan Jumat (11/6) siang pekan ini di Aula Merah Putih Indonesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Kota Bogor.

Rektor Unhan RI Laksamana Madya Amarulla Octavian menginformasikan gelar yang diberikan adalah gelar kehormatan di bidang Ilmu Pertahanan bidang Kepemimpinan Strategik.

Pada acara nanti, Megawati diagendakan menyampaikan orasi ilmiah dengan judul yang sama dengan judul jurnal trending-nya itu.


 

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN