Musrenbang RKPD Tahun 2024, Camat Mersam; Masih Ada Desa Yang Belum Punya Kantor

Inilahjambi.com, Batanghari – Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Mars Desa serta Do’a. Musyawarah Rencana Kerja dan Pembangunan Daerah (RKPD) Kecamatan Mersam, Kabupaten Batang Hari dibuka langsung oleh Camat Mersam Raden Tarmizi. S.STP. Kamis, (02/02/2023).

Pada kesempatan itu, dikatakan Raden Tamizi jika kegiata Musrenbang merupakan kegiatan rutin setiap tahun sebagai bagian dari upaya menyepakati rencana pembangunan yang tentu saja harus lebih baik dari pembangunan-pembangunan tahun-tahun sebelumnya.

Musrenbang merupakan suatu tahapan sistem perencanaan sistem pembangunan Nasional yang telah diatur melalui undang-undang yang dimulai dari tingkat Desa dan kelurahan.

“Oleh karena itu, melalui kesempatan ini kami ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya atas pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan dan Pemerintah Desa yang didiri bersama unsur masyarakat dan Kecamatan Mersam yang telah dilaksanakan tentunya dengan kekompakan dan kebersamaan akan membawa kemajuan bagi Kecamatan Mersam khususnya, dan bagi Kabupaten Batan Hari pada umumnya,” ucap Camat Mersam.

Raden Tarmizi juga menyebutkan, Musrenbang juga merupakan suatu tahapan dalam proses pembangunan perencanaan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan Barter Up Planing, dan Musrenbang yang terpilih di Kecamatan Mersam merupakan tahapan Musrenbang Kedua setelah Musrenbang Desa Kelurahan.

“Alhamdulillah sebanyak 18 Desa/Kelurahan telah melaksanakannya dan lebih kurang menghasilkan 330 usulan yang pada hari ini akan kita bahas bersama menjadikan kegiatan Prioritas pembangunan di wilayah Mersam dan menjadi masukan dalam rencana kerja satuan kerja perangkat Pemerintah Kabupaten Batang Hari,” ujarnya.

Lebih jauh lagi ia memaparkan, Musrenbang RKPD Tahun berjalan 2024 Kecamatan Mersam merupakan Forum yang penting bagi semuanya untuk menghadapi tantangan Dinamika Sosial Budaya, Lingkungan kebesaran atau pemasyarakatan Ekonomi, dan Tekhnologi yang berkembang dengan Masif.

Kita harus menyadari, bahwa penggunaan serba pintar yang terhubung di Internet, Mesin-mesin yang dapat Belajar melalui pemprograman yang terdampak pada layanan baru dan banyak pengaruh baru dari seluruh Dunia yang akan di gandrungi oleh Masyarakat, tentu saja ini merupakan tantangan dan penyiapan Sumber Daya Manusia yang mampu bersaing kedepannya. Ungkap Camat Mersam.

Masih kata Raden Tarmizi, “Realita ini kita masih dihadapkan pada posisi pembangunan inprastruktur dan Sumber Daya Manusia yang masih terbatas. Ancaman ditujukan bagi mereka Desa-desa yang berada di tepi Sungai. Nah, berarti masih ada Desa untuk saat ini di Kecamatan Mersam yang masih kantornya belum ada dan inprastruktur jalan. Dan hari ini Alhamdulillah melalui Pemerintah Kabupaten Batang Hari telah berkomitmen untuk memperbaiki sarana dan jalan, walaupun masih ada yng belum peningatan Sumber Daya Alam dan Manusia, melalui Beasiswa untuk anak-anak miskin dan berprestasi serta mendukung perekonomian yang berbasis pertanian karena kita tahu di Batang Hari terutama di Kecamatan Mersam juga bahwa pertanian juga menyiapi sanggar kelompok dari bapak Bupati. Demikian pungkas Camat Mersam.

Turut hadir pada Musrenbang yakni Bupati Batang Hari dalam hal ini diwakili oleh Sekertaris Daerah (Sekda) M Azan., S.H, Asisten II Setda, Wakil Ketua II DPRD Batang Hari, Kepala Inspektorat, OPD Dinas wilayah Pemkab, Danramil Mersam, Para Kades dan BPD serta tamu undangan lainnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN