Sat. Feb 16th, 2019

Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra Salurkan 6 Ribu Beasiswa di Batanghari

Foto: Pimpinan Komisi X DPR RI H.A.R. Sutan Adil Hendra/ist

Inilahjambi – Pimpinan Komisi X DPR RI H.A.R. Sutan Adil Hendra, mengatakan, pemerintah pusat menyalurkan 6 ribu beasiswa untuk para siswa di Kabupaten Batanghari tahun 2018 ini. Jumlah itu merupakan bagian dari total 40 ribu beasiswa di seluruh Jambi sebagai realisasi Program Indonesia Pintar (PIP).

Dalam kunjungannya di Kabupaten Batanghari, untuk penyaluran dan pengawasan beasiswa secara simbolis, Sutan Adil Hendra (SAH) juga menyambangi 3 sekolah di kabupaten ini, yaitu SDN 139, SMPN 3 dan SDN 70 Batanghari.

“Provinsi Jambi adalah penerima beasiswa terbanyak se- Indonesia, dengan jumlah penerima hingga 40 ribu siswa, dan 6 ribu siswa penerima bea siswa itu berasal dari Kabupaten Batanghari,” kata pria kelahiran 2 Agustus 1968 ini.

Dipaparkan SAH, jumlah tersebut merupakan pengajuan dari masing-masing sekolah yang diperjuangkannya. Sehingga SAH merasa harus menyerahkan langsung secara simbolis kepada perwakilan siswa penerima beasiswa PIP itu.

Beasiswa PIP adalah pemberian bantuan tunai pendidikan kepada anak usia sekolah
(usia 6-21 tahun) yang berasal dari keluarga miskin, rentan miskin, yaitu pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), peserta Program Keluarga Harapan (PKH), yatim piatu, penyandang disabilitas, korban bencana alam/musibah.

PIP merupakan bagian dari penyempurnaan
program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Melihat tingginya biaya hidup saat ini yang dinilai semakin hari semakin meningkat, maka beasiswa PIP ini dinilai cukup membantu biaya pendidikan bagi penerimanya, sutan adil juga merasa bahagia melihat antusias penerima beasiswa dan berharap beasiswa ini dapat bermanfaat secara maksimal bagi pendidikan khususnya penerima beasiswa PIP di Kabupaten batanghari.

“Saya merasa bahagia melihat antusias wali murid penerima beasiswa Indonesia ini, di tengah-tengah ekonomi yang sulit saat ini, saya tidak rela anak-anak ini putus sekolah, apalagi saat ini memasuki era Global. Jangan sampai anak kita terusir dari kampung mereka sendiri,” ungkap Sutan Adil saat dikonfirmasi usai penyerahan beasiswa PIP di SD 70 desa Simpang Terusan.

Sutan Adil juga berharap dengan menerima beasiswa ini dapat memotivasi siswa untuk menjadi lebih giat dalam belajar, anak-anak tidak ada lagi yang putus sekolah dan para orang tua dapat tertolong dari segi pembiayaan.

“Saya berharap dengan menerima beasiswa ini anak-anak kita bisa termotivasi, anak-anak tidak ada lagi yang putus sekolah dan para orang tua dapat tertolong dari segi pembiayaan” ujar Sutan Adil.

Komisi X DPR RI sendiri memiliki tugas dibidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga, dan Perpustakaan, sehingga saat mengunjungi kabupaten Batanghari pimpinan dari komisi X DPR RI ini dapat memastikan sendiri penyaluran beasiswa Program Indonesia Pintar tepat sasaran dan digunakan sesuai peruntukkannya.

 

(Ade Subrata)

Sudah dibagikan