Sani: LPTQ Harus Tingkatkan Pengembangan Tilawatil Qur’an

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah LPTQ Provinsi Jambi Tahun 2022. (Foto: Sopbirin)

Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah LPTQ Provinsi Jambi Tahun 2022. (Foto: Sopbirin)

Sani: LPTQ Harus Tingkatkan Pengembangan Tilawatil Qur’an


Inilah Jambi – Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, sekaligus Ketua LPTQ Provinsi Jambi mengemukakan, Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) harus lebih meningkatkan pengembangan tilawatil Al Quran di daerah daerah guna mewujudkan penghayan dan pengamalan Al Quran ditengah tengah masyarakat Provinsi Jambi. Hal tersebut dikemukakan Sani saat membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah LPTQ Provinsi Jambi Tahun 2022, yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Senin (30/05/2022).

“LPTQ  Provinsi Jambi mempunyai tugas untuk menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Provinsi, menyelenggarakan pembinaan tilawah, tahfidz, serta meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan Al-Quran dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Untuk mewujudkan tujuan dan melaksanakan tugas tersebut, maka pada hari ini kita melaksanakan Rakerda LPTQ Provinsi Jambi guna menghasilkan keputusan-keputusan yang bernilai , eksplisit, esensial, dan fundamental bagi peran dan fungsi LPTQ Provinsi Jambi kedepan,” ujar Sani.

Baca Juga

Sani menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi memiliki misi dalam memantapkan kualitas Sumber Daya Manusia dengan tujuan untuk meningkatnya kualitas Sumber Daya Manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan gender dalam mewujudkan Jambi MANTAP, yakni Jambi yang Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Propesional  dibawah ridha Allah Subhanahu Wa Taala. “Saya menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan Rakerda LPTQ ini serta mengharapkan Rakerda LPTQ ini dapat menjadi salah satu sarana dalam menggagas program kerja yang aplikatif, yang dapat diimplementasikan sebagai aksi nyata yang bermanfaat di Provinsi Jambi,” kata Sani.

Sani juga meminta selain merumuskan program kegiatan, Rakerda LPTQ merupakan salah satu ajang untuk mengevaluasi kerja tahunan LPTQ Provinsi Jambi, termasuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi Jambi ke-50 di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Evaluasi ini diharapkan dapat menghasilkan gagasan serta pemikiran-pemikiran yang inovatif dan progresif serta terkonsep secara jelas, dalam meningkatkan kinerja LPTQ dalam pelaksanaan MTQ Provinsi Jambi ke-51 serta Seleksi Tilawah Al-Quran (STQ) tingkat Nasional pada tahun 2023 yang akan datang,” tutur Sani.

“Saya mengharapkan peran aktif selama rapat kerja ini guna meningkatan kualitas kinerja LPTQ Provinsi Jambi, supaya keberadaan LPTQ semakin kontributif dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Jambi yang berakhlak mulia dan berakidah yang turut mendukung kemajuan pembangunan Provinsi Jambi,” lanjut Sani.

Sani mengungkapkan, semoga rakerda LPTQ ini dapat menghasilkan dan merumuskan program terbaik dalam pengembangan pembelajaran terhadap Al-Qur’an, yang menjadikan masyarakat muslim di Provinsi Jambi tidak hanya fasih membaca Al-Quran, namun juga mampu memahami dan mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan Masyarakat  Qurani yakni masyarakat yang beretika, Egalitarianisme (manusia adalah setara), yang berkeadilan sosial berlandaskan Al-Quran disetiap sendi-sendi kehidupan. (Maria/Richi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN