Tingkatkan Produksi Sawit Jambi, Komisi II Kunjungi Pabrik Kecamba Sawit Bersertifikat

Tingkatkan Produksi Sawit Jambi, Komisi II Kunjungi Pabrik Kecamba Sawit Bersertifikat

Inilahjambi – Komisi II DPRD Provinsi Jambi mengunjungi PT Bakti Tani Nusantara, salah satu perusahaan pembuat kecamba sawit di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (21/1).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Rocky Candra, Ketua Komisi II dan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal turut hadir dalam kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Jambi tersebut. Rombongan disambut langsung Manager PT Bakti Tani Nusantara, Robin.

Rocky mengatakan dari pembibitan sawit di PT Bakti Tani Nusantara itu banyak lahir sawit-sawit di Provinsi Jambi salah satunya di Kumpeh, Kabupaten Muarojambi. Menurutnya pembibitan di perusahaan kecamba sawit itu sangat terjaga baik mutu dan legalitasnya.

“Kami harap masyarakat Provinsi Jambi bisa membeli kecamba sawit yang betul-betul resmi, bersertifikat, yang terjaga mutunya agar nantinya hasil yang didapat juga lebih maksimal. Jangan beli kecamba sembarangan,” kata Rocky.

Rocky mengatakan DPRD Provinsi Jambi mendukung program replanting sawit Pemprov Jambi melalui Dinas Perkebunan Provinsi Jambi dan tentunya dibutuhkan kecamba sawit bersertifikat. “Dan kita dorong petani di Jambi bisa memanfaatkan kecamba bersertifikat,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Abun Yani menjelaskan bahwa tujuan studi banding Komisi II ke Kepulauan Riau terutama ke pabrik kecamba sawit adalah untuk meningkatkan produksi petani sawit Jambi yang mana saat ini produksi petani sawit Jambi mengalami penurunan.

“Tujuannya untuk meningkatkan produksi petani kita, yang mana produksi petani sawit Jambi menurun. Seharusnya seperti negara-negara Malaysia, produksinya mencapai delapan ton per dua hektar per dua bulan. Namun di Indonesia khususnya di Jambi produksinya hanya dua ton per dua hektare per dua bulan,” kata Abun Yani.

Akibatnya kata Abun Yani, Provinsi Jambi mengalami kerugian setiap tahunnya atas ketidaksuksesan mengembangkan komoditi perkebunan tersebut.

“Dengan adanya kunjungan ini, Komisi II DPRD Provinsi Jambi dan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi memastikan ke depannya petani sawit kita lebih akan lebih unggul, lebih baik dan lebih maju,” ujarnya.

Selain mengunjungi pabrik kecamba sawit tersebut, Ketua Komisi II beserta anggota dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, juga berdiskusi bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau terkait penyelesaian sengketa konsumen dan pengembangan kawasan industri.

 

 

(Wandi)

Bagikan
HOT NEWS