Walikota Jambi Tertutup Soal Dokumen di UPCA, BPK: “Jangankan Beri Data, Surat Saja Tak Digubrisnya”

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi, Eliza, mengatakan, Pemerintah Kota Jambi tertutup soal dokumen yang diperlukan pihaknya saat akan mengaudit Unit Pengolah Campuran Aspal (UPCA).

Menurut Eliza, beberapa kali pihaknya menyurati Walikota Jambi Syarif Fasha, agar memerintahkah Kepala UPCA menyiapkan dokumen yang diperlukan dalam audit menyeluruh tahun 2015 lalu. Namun Walikota tidak pernah menurunkan perintah itu.

“Jangankan memberikan data ke BPK, bertemu saja sulit dengan Walikota Jambi. Padahal telah beberapa kali disurati,” kata Eliza kepada Inilahjambi, di kantor BPK Jambi, Selasa 9 Agustus 2016.

Penyataan Eliza disampaikan terkait gugatan Kepala UPCA Ajrisa Windra ke PTUN atas LHP BPK 2015 lalu.

Eliza mengungkapkan, meski tidak memiliki akses dokumen ke UPCA Kota Jambi, pihaknya tetap mendapatkan berkas-berkas terkait dari pihak eksternal. Dari hasil audit berkas yang salah satunya diberikan pihak eksternal itulah, BPK tidak dapat memberikan opini atas keuangan pemerintah Kota Jambi, alias Disclaimer Opinion.

Terkait:

Selain Walikota, kata Eliza, Kepala UPCA Ajrisa Windra juga tidak berlaku kooperatif saat pemeriksaan.

“Kooperatif apa? Itukan katanya. Nyatanya kita (BPK) mendapatkan data-data ini dari pihak eksternal bukan dari Kepala UPCA. BPK juga sudah beberapa kali menyurati walikota agar memerintahkan Kepala UPCA memberikan dokumen kepada BPK, tapi nyatanya Kepala UPCA tidak pernah diperintahkan untuk memberikan data ke BPK,” papar Eliza.

Diketahui, Kepala UPCA Ajrisa Windra, menggugat Laporan Hasil Pemeriksaan BPK di kantornya ke PTUN. Proses Dismissal telah dilakukan oleh Kepala PTUN dan meloloskan gugatan itu ke dalam proses persidangan.

Rencananya, PTUN akan memanggil BPK untuk masuk tahap selanjutnya terkait gugatan Ajrisa Windra pada 12 Agustus 2016.

 

Klik Seluruh Berita Tentang Audit BPK Jambi

 

 

(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Mari bersama menghargai karya jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SOROTAN