Warsito, Kepala Sekolah SMPN 10 Kota Jambi dari Kebumen Membangun Jambi

Inilahjambi, KOTA JAMBI – Terlahir dari keluarga sederhana di daerah terpencil di salah satu daerah di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Warsito pria kelahiran 26 Februari 1965 ini, pada tahun 1977 mencoba peruntungan di Kota Jambi.

Dengan hanya bermodal ijazah SMP, dia nekat merantau ke Jambi tanpa ada seorangpun yang dia kenal.

Warsito yang saat ini menjabat kepala sekolah SMPN 10 Kota Jambi bercerita, kala itu hanya tekad bulat yang ada dalam dirinya. Dan, keyakinan dalam hati akan membuktikan bahwa suatu saat dia akan sukses di negeri orang

Setiba, di Kota Jambi, Warsito menumpang bersama orang tua angkatnya.”Saat itu apapun saya kerjakan. Dan saya tidak malu,yang penting halal,”kata Warsito mengenang saat-saat pertama menginjakkan kakinya di Jambi

Selama 4 tahun menganggur dan akhirnya pada suatu kesempatan, atas keinginannya yang kuat untuk melanjutkan pendidikannya, dia memilih
melanjutkan pendidikan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG).”Mungkin saat itu saya berpikir, jika tamat SPG gampang cari kerja dan nggak bakalan nganggur,”cerita murah senyum ini, mengaku mengikuti jejak bapaknya yang juga seorang guru di Kebumen.

Tamat SPG, Warsito di terima sebagai pegawai negeri sipil sebagai tenaga pengajar alias guru. Tahun 1985, dia sempat menjadi guru di Kabupaten Kerinci selama 3 tahun.

Dari kerinci, Warsito di percaya menjadi guru matematika di SMPN 11 Kota Jambi.

Sambil mengajar, beliau melanjutkan S2 di Universitas Jambi dan lulus dengan hasil yang memuaskan.

Melihat pengabdian dn prestasinya, akhirnya sejak tahun 2010, Warsito di percaya memimpin SMPN 10 Kota Jambi sebagai kepala Sekolah.

Bermodal pengalaman puluhan tahun sebagai seorang pendidik, Warsito menerapkannya di tempat dia sebagai kepala sekolah saat ini.”Selain itu, ada hal lain yang kita terapkan, yaitu kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Sehingga ada kepedulian warga sekitar akan sekolah ini,”tutur Warsito.

Dan, hal lainnya, dia ingin membangun Jambi melalui pendidikan. Warsito sendiri merasa sebagai warga Jambi walaupun kelahiran Kebumen,ingin lebih banyak berbuat untuk Jambi.”Adalah hal yang membanggakan, jika apa yang kita perbuat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat, khususnya didunia pendidikan,”pungkasnya.

 
(zalman Irwandi/adv)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN