Tips Memilih Mainan yang Mendukung Pertumbuhan Anak

Inilahjambi – Dunia anak-anak adalah bermain. Meski begitu, mom’s tidak bisa sembarangan memberikan mainan pada buah hati. Permainan yang diberikan pada anak haruslah tepat dan sesuai usianya, sehingga permainan yang diberikan mampu merangsang dan menstimulus tumbuh kembang anak dengan lebih baik.

Sri Astrie Rahmadini ibu dua anak ini mengaku memberikan mainan yang berbeda pada dua anaknya yang berbeda umur. Istri Nurdin Efendi ini menegaskan sangat penting memilih mainan yang tepat untuk anak sesuai usianya.

“Memilih permainan anak itu harus sesuai dengan umurnya. Kita membeli permainan untuk anak pasti kita harus mengetahui manfaat permainan itu,” sebutnya.
Dibeberkan Astrie semisal permainan puzzle untuk anak pertamanya Nabeela Azni Qiannah ( 2 tahun 4 bulan).

“Si kakak lagi masa-masanya ingin tahu, penasaran dan dengan puzzle bisa melatih motorik halus si kakak Kalau adek lebih kepengenalan dasar. Permainan si adek lebih ke-krincingan atau bunyi-bunyian,” jelasnya.

Selain itu, untuk sibungsunya Nadhera Azni Savina (7 bulan) juga diberikan permainan yang kaya warna sehingga juga dapat melatih saraf sensorik dan motoriknya. Sebagai orangtua, Astri dituntut untuk selalu dapat mengarahkan buah hatinya pada permainan yang bermanfaat dan bisa menunjang tumbuh kembang anak.

Bagi Astri, mainan adalah media yang mendukung untuk pertumbuhan anak. “Dengan permainan yang tepat dapat merangsang kemampuan motorik, sensorik dan emosional anak kita,” ungkapnya seperti dilansir dari tribunjambi.com.
Saat ini, si sulung Astri, Beela menyukai permainan boneka dan masak-masakan. Anak pertamanya itu suka berimajinasi dengan dunianya sendiri.

“Kalo si adek lagi suka gigitan, semua yang dipegang mau dimasukin ke mulut dan suka bunyi-bunyian. Jadi saya pilihkan mainan yang tepat masing-masing buat mereka,” pungkasnya.

 

Sumber: Tribunjambi.com

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN