Abdullah Sani Apresiasi Bawaslu Provinsi Jambi

Inilah Jambi – Wakil Gubernur Jambi menghadiri acara pembukan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif Tingkat Menengah Provinsi Jambi di Hotel BW Luxury Jambi, Rabu (06/10/2021).

Pada acara SKPP ini dihadiri langsung oleh Bawaslu RI Muhammad Afiffudin, KPU Provinsi Jambi M Subhan, Bawaslu Provinsi Jambi, OPD terkait lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

SKPP tingkat menengah ini diikuti 30 Peserta Terbaik dari SKPP tingkat dasar yang diadakan di 3 Zonasi di Provinsi Jambi pada bulan September yang lalu.

Dalam sambutannya Drs. H. Abdullah Sani menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan berupaya untuk meningkatkan terus kualitas penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada, baik dari sisi pelaksanaan maupun dari sisi pengawasan, dengan tujuan untuk mewujudkan Pemilu dan Pemilukada yang demokratis, adil, dan partisipasi yang tinggi dari pemilih. Untuk itu, Bawaslu selaku pengawas pemilu selain mengintensifkan pengawasan melibatkan Pemilu oleh selain Bawaslu, dalam mengintensifkan juga berupaya melibatkan masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan setiap tahapan Pemilu dan Pemilukada. Sejalan dengan hal tersebut, Bawaslu menggelar SKPP.

“Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) digagas sejak tahun 2018 oleh Bawaslu RI, bertujuan untuk menyebarkan dan mendorong semangat dan inisiatif masyarakat dalam mengawal agenda demokrasi serta mengorganisir proses transfer pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan teknis pengawasan pemilu kepada masyarakat terutama bagi generasi muda. SKPP ini bertujuan menciptakan kader pengawas pastisipatif yang berdedikasi dan berintegritas dalam proses pengawasan tahapan pemilu” jelasnya.

“Saya yakin bahwa kehadiran SKPP dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Partisipasi masyarakat yang tidak hanya sekedar sebatas datang ke tempat pemungutan suara untuk memilih, melainkan diharapkan juga proaktif melakukan pengawasan terhadap seluruh proses tahapan pelaksanaan pemilu di lingkungannya masing-masing, sehingga tercipta pelaksanaan pemilu yang berkualitas dan nantinya akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas juga” harapnya.

“Saya mengapresiasi kepada bawaslu Provinsi Jambi dengan beragam peserta SKPP terbaik dari SKPP tingkat dasar yang terdiri dari berbagai unsur mulai dari perwakilan mahasiswa, Perwakilan Organisasi, Perwakilan Perempuan, Penyandang Disabilitas bahkan ada Peserta dari SAD yang menandakan bahwa kita ini adalah Saudara” tutupnya.

Selanjutnya acara SKPP ini dibuka langsung oleh Bawaslu RI Muhammad Afifudin.

“SKPP ini merupakan inisiatif kami untuk membumikan nilai nilai pengawasan. Program ini dilaksanakan 305 kabupaten dan Jambi kebagian 3 titik.

Kenapa SKPP ini penting? Karena punya cara pandang perspektif pengawasan yang baik. Semakin banyak kader pengawas maka potensi pelanggaran akan berkurang.”

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.

Tinggalkan Balasan

SOROTAN