Adu Dahsyat 3 Penyair Gondrong dan 3 Aktor Gondrong

Inilahjambi – Sebuah pertunjukan baca puisi terbilang langka di Tanah Air akan digelar di ISI Padangpanjang, Sumatera Barat, 3 Desember 2017 malam.

Acara dikemas dengan tajuk “3 Penyair Gondrong versus 3 Aktor Gondrong” ini akan berlangsung di Teater Arena kampus seni tersebut.

Mereka adalah Iyut Fitra (Sumbar), Sosiawan Leak (Solo) dan Isbedy Stiawan ZS (Lampung) dari penyair, sedangkan tiga aktor gondring yakni Yusril Katil, Wensy HS, dan Pandu Birowo.

Menurut Yusril, aktor dan dosen ISi Padangpanjang, pertunjukan ini upaya aktualisasi baca puisi sebagai suatu bagian dalam pertunjukan.

“Artinya baca puisi tidak lagi dimaknai sebagai upaya membaca secara harfiah. Tapi telah masuk dalam upaya mempertunjukannya,” kata Yuslir melalui watasap (WA), Sabtu (4/11) siang.

Ditambahkan, ada dua magnet besar dalam perspektif itu, dari lingkup para penyair dan lingkup para aktor.

“Bagaimana wujudnya? Mari menonton pada 3 Desember malam di Teater Arena ISi Padangpanjang,” katanya mempromosi kegiatan ini.

Selain tampil di Padangpanjang, tiga penyair yang kebetulan berambut panjang–Iyut Fitra, Sosiawan Leak, dan Isbedy Stiawan ZS disingkat ISI–akan tampil di Payakumbuh Botuang Festival (Festival Bambu Payakumbuh) yang berlangsung 1-2 Desember 2017.

Payakumbuh Botuang Festival adalah sebuah kegiatan seni dan budaya yang bertemakan bambu.

Dalam gelar acara tersebut akan disuguhkan festival kuliner, musik, tari, teater, sastra, instalasi, dan beragam kegiatan tradisi dan upacara adat.

Payakumbuh Botuang Festival ini akan dilaksanakan di Panorama Ampangan, Koa Payakumbuh, Sumatera Barat.

Menurut Iyut, pembukaan akan ditandai dengan ratusan kentongan bambu dan peletusan ratusan meriam bambu (bedil-bedil betung).

Selain ketiga penyair gondrong itu, akan diramaikan para penyair Sumatera Barat.

Ketiga penyair gondrong ini juga lolos seleksi Pertemuan Penyair Nusantara X di Banten, 15-17 Desember. Ketiganya dijadwalkan diberi panggung oleh rekan-rekan penyair Banten seperti Toto St Radik, Gola Gong, dan lain-lain.

 

 

 

(Muhammad Ikhlas)

HOT NEWS