Akses Desa Antara Kerinci-Sungaipenuh Rusak Parah, Warga Pilih Perbaiki Sendiri

Inilahjambi – Akses warga Desa Pendung Hiang, Sungaipenuh, menuju Desa Tanjung Muda Penawar, Kerinci, rusak parah. Sudah bertahun-tahun tak kunjung diperbaiki.

Hampir 700 meter akses jalan ini terbiarkan rusak dan digenangi lumpur.

Bila hujan tiba, jalan yang merupakan batas Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci ini semakin parah digenangi lumpur, bahkan hingga tak bisa dilewati.

Baca juga: Dua Pengganja di Sungaipenuh Dicokok Polisi, Terancam Kurungan Maksimal 20 Tahun Penjara

Padahal jalan tersebut merupakan jalan yang rutin digunakan oleh warga Desa Pendung Hiang, saat hendak menuju Simpang Aro Desa Tanjung Muda, Penawar.

Karena tak kunjung diperbaiki pada Jumat, 24 Januari 2020, secara swadaya masyarakat setempat bergotongroyong menimbun jalan tersebut dengan bahan dan alat yang seadanya.

“Koral dua truck disumbang oleh warga Desa Pendung Hiang sendiri untuk menimbun jalan yang rusak,” ujar sumber dilansir Kerinciexpose.com media partner Inilahjambi.com.

Gotongroyong dari pemerintah desa, BPD, Karang Taruna dan Tokoh Masyarakat desa Pendung Hiang ini, dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap akses jalan yang rusak, suapaya bisa dilewati oleh warganya.

Jalan perbatasan yang rusak tersebut, masuk dalam wilayah Desa Tanjung Muda, Kecamatan Sitinjau Laut. Namun akses jalan tersebut rutin dilewati oleh warga Desa Pendung Hiang, Kecamatan Tanah Kampung.

Kepala Desa Pendung Hiang, Mattakin membeberkan bahwa dirinya merasa keberatan atas akses jalan yang rusak namun tak kunjung diperbaiki. Karena jalan ini menjadi jalan perlintasan warganya.

“Ini jalan perlintasan warga Desa Pendung Hiang, setiap hari warga melewati jalan ini.” katanya.

 

 

HOT NEWS