Al Haris Puji Warga Siau yang Tetap Bercocok Tanam, Tak Tergoda Bermain PETI

Inilahjambi, MERANGIN – Bupati Merangin Al Haris memuji masyarakat Siau dan sekitarnya yang tidak tergoda dengan aksi penambangan emas tanpa izin (PETI). Masyarakat Siau masih tetap menggantungkan hidupnya dengan bercocok tanam.

“Saya sangat berterimakasih dengan seluruh masyarakat Siau dan sekitarnya yang mampu memelihara Sungai Batang Tembesi dengan baik, sehingga sungai ini tidak tercemar,” ujar Bupati, dalam Safari Jumat di Masjid Nurul Falah Desa Rantau Panjang Kecamatan Muara Siau tiga hari lalu.

Secara umum, Al Haris meminta kepada seluruh masyarakat Merangin, untuk selalu menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS) dan hutan. Tujuannya agar alam tidak rusak, sehingga keseimbangannya terjaga dengan baik.

Warga Siau, lanjut bupati, juga telah mampu menjaga kelestarian hutannya dengan baik. Bupati sangat mengharapkan kepada seluruh warga untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Membuka lahan cara singkat dengan mambakar kita tinggalkan. Jangan lagi dilakukan hal itu karena disamping menimbulkan pencemaran, juga akan mengganggu ekosisten di sekitarnya,” terang Bupati.

Siapapun yang membuka lahan dengan cara membakar tegas bupati, akan diproses secara hukum. Beberapa waktu lalu jelas bupati, ada oknum pegawai negeri sipil yang ditangkap Polisi karena mambakar hutan untuk lahan perkebunan.

Sedangkan pada bulan puasa Ramadan 1437 H ini, bupati mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan masjid. Banyak-banyak beribadah pada bulan suci ini di masjid, mulai berjemaah shalat lima waktu sampai tarawih dan tadarusan.

“Masjid ini lokasinya sangat strategis, berada di pinggir jalan lintas. Jadi tolong kebersihan dan keindahan masjid ini dijaga dengan baik, air untuk wudhu jangan sampai kosong,” pinta Bupati.

Sebab sambung bupati, masjid tersebut menjadi tempat persinggahan orang dari berbagai daerah untuk sholat. Dipenghujung acara bupati menyerahkan bantuan dana pribadi, untuk tambahan pembangunan masjid.
(Kil)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.
SOROTAN