Anggota Komisi IX DPR RI Beberkan Ironi Wartawan, Miris!!

Wartawan bekerja

Wartawan bekerja

Jangan Lupa Berbagi

Anggota Komisi IX DPR RI Beberkan Ironi Wartawan, Miris!!


Inilah Jambi – Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi, menyebut sebagai pilar keempat demokrasi, pers memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai agen kebudayaan, perubahan sekaligus agen edukasi kepada masyakarakat.

Dikatakan legislator asal Jawa tengah itu dalam rapat di Gedung DPR RI, Rabu 7 April 2021, insan pers juga menentukan kemana sebuah peradaban akan dibawa.

Namun di balik tanggung jawab insan pers tersebut, ujar Fadholi lagi, faktanya hingga saat ini wartawan sebagai pekerja media, masih jauh dari kata sejahterah.

“Saya ikut prihatin, karena selama ini belum ada sekalipun pembahasan serius di Pemerintahan mengenai kesejahteraan wartawan,” tandasnya.

Dia dengan tegas meminta pemerintah segera memberikan program bantuan khusus kepada para wartawan yang belum memiliki tempat tinggal tetap.

Menurutnya, pekerjaan wartawan dalam UU diakui sebagai buruh. Sehingga tanggung jawab terhadap jaminan kesehatan dan kesejahteraan tidak lagi semata-mata menjadi tanggung jawab perusahaan media, tetapi juga tanggung jawab negara.

“Insan pers sebagai warga negara yang mempunyai fungsi menjalankan pelaksanaan pilar keempat demokrasi, layak mendapat jaminan untuk meningkatkan kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan, termasuk sandang, dan pangan,” katanya.

Politikus Nasdem itu mendesak KemenPUPR untuk memberikan program khusus kepada wartawan seperti subsidi rumah.

“Ketika itu terpenuhi, saya meyakini, kinerja wartawan akan meningkat, dan ekonomi keluarganya juga akan terpenuhi, sejahtera minimal,” tutupnya.

Baca juga:

***

 

Media di Rusia akan Persenjatai Wartawannya

Inilah Jambi – Meningkatnya kekerasan terhadap wartawan d Rusia, khususnya untuk media oposisi membuat surat kabar pendukung oposisi Rusia, Novaya Gazeta, berencana untuk memberi pelatihan senjata sekaligus membekali wartawan mereka dengan senjata tak mematikan.

Hal tersebut demi melindungi diri dari serangan yang mungkin terjadi. Gagasan itu mencuat di tengah lonjakan kekerasan terhadap “para pembangkang” di Rusia baca selengkapnya

***

 

Jangan Lupa Berbagi
SAKSIKAN VIDEO DI BAWAH INI: Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021-2022 Yayasan Jami' Al Falah Jambi

Tinggalkan Balasan

SOROTAN