Astaghfirullah… Gara-Gara Berhijab, Siswi Ini Dilarang Ikut Ujian…

Inilahjambi – Bagi wanita muslim, memakai hijab adalah suatu hal yang sangat disarankan. Tak hanya sebagai sebagai aktivitas melaksanakan perintah agama, memakai hijab juga sebagai hak dari setiap individu yang ingin menjalankannya. Berbicara mengenai memakai hijab, kali ini kisah yang cukup mengharukan datang dari seorang siswi di Kanada yang memakai hijab.

Dikutip dari laman metronews.ca, karena memakai hijab dan dicurigai memakai headphone di balik hijabnya, seorang siswi dilarang mengikuti ujian. Kisah mengharukan ini sendiri berawal ketika siswi bernama Saja Farhat di College de Maisonneuve, Montreal, Kanada diminta menarik hijabnya hingga bagian telinga agar gurunya bisa melihat bahwa ia tidak memakai headphone di balik hijabnya.

Namun, Saja menolak permintaan guru dan mengatakan bahwa ia benar-benar tidak memakai headphone. Sang guru rupanya tidak percaya dan mengatakan bahwa jika Saja tidak menarik hijabnya dan memperlihatkan telinganya padanya, ia tidak bisa mengikuti ujian hari itu.

Dari laporan yang ada, sang guru adalah guru Biologi laki-laki. Karena sang guru adalah seorang laki-laki inilah, Saja menolak keras ketika ia diminta membuka hijabnya dan memperlihatkan telinganya. Saja memberi tahu sang guru bahwa memperlihatkan bagian tubuhnya termasuk telinga ke orang lain adalah suatu hal yang dilarang dalam keyakinan yang ia anut.

Line Legare, juru bicara sekolah mengatakan, “Dia tidak mau memperlihatkan telinganya. Selama ini, guru yang bersangkutan memang menerapkan aturan jika semua siswa harus memperlihatkan telinganya saat ujian. Ini dilakukan agar para siswa tidak melakukan kecurangan dengan memakai headphone atau sejenisnya.”

Selama ini, aturan ini memang dilakukan oleh guru yang meminta Saja memperlihatkan telinganya. Mengenai aturan ini, selama ini semua siswa juga tak pernah merasa keberatan. Sementara untuk Saja, atas kejadian ini ia pun juga diketahui belum mengajukan keluhan atau protes apapun. Untuk pihak sekolah, saat ini mereka sedang bernegosiasi dengan sang guru Biologi untuk memastikan apakah Saja bisa mengikuti ujian pengganti di lain waktu.

Atas kejadian ini, hal ini membuat banyak pihak menyayangkan apa yang dilakukan guru. Banyak pihak yang mengatakan jika apa yang dilakukan guru cukup keterlaluan. Kalau pun memang ia ingin memastikan Saja tidak memakai headphone, ia tak harus menyuruh Saja membuka hijabnya. Sang guru bisa memastikan Saja tidak memakai headphone dengan menyentuh bagian telinganya. Mengenai kejadian ini, bagaimana nih pendapat kamu?

Semoga, Saja bisa mengikuti ujian di lain waktu dan sang guru bisa mencari cara lain untuk memastikan bahwa semua siswanya tidak akan mencontek termasuk saat memastikan Saja. Semoga, kita semua bisa mengambil hikmah dari kisah ini.

*sumber: Vemale.com

(Renny N)

HOT NEWS