Sun. May 26th, 2019
Ilustrasi pencoblosan di TPS. (Antara)

Ilustrasi pencoblosan di TPS. (Antara)

Banyak Petugas Pemilu Meninggal, Komnas HAM Didesak Bentuk TPF

Teks Sumber : RMOL.CO

Inilahjambi – Banyaknya petugas Pemilu 2019 yang meninggal dunia harus segera ditindaklanjuti oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Komnas HAM. Komnas HAM didesak untuk mendorong dan membentuk tim pencari fakta (TPF).

Baca lagi : Indonesia Muda ‘Semprot’ dan Desak Mahfud Segera Minta Maaf Pada Rakyat

Presidium Persatuan Pergerakan, Andrianto mengatakan, banyaknya korban meninggal dunia, mestinya kejadian ini sudah ditetapkan sebagai bencana nasional.

“Bila soal penyelenggaraan apa iya begitu banyak korban? Saya rasa ini sudah masuk bencana nasional,” katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Senin 29 April 2019.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 326 petugas Pemilu meninggal dunia. Sebanyak 253 korban berasal dari jajaran KPU, 55 dari unsur Bawaslu, dan 18 orang dari personel kepolisian.

Mereka meninggal rata-rata akibat kelelahan menghitung suara yang begitu panjang dan kompleks.

Andrianto, aktivis mahasiswa tahun 1998 ini menduga ada dugaan pelanggaran HAM di situ. Makanya, dia mendesak Komnas HAM untuk segera membentuk TPF.

Baca lagiMahfud MD: Prabowo dan Jokowi Diuntungkan Dengan Kesalahan Real Count KPU

“Sudah saatnya Komnas HAM membentuk tim pencari fakta. Ini belum pernah terjadi. Ada konspirasi yang terjadi. Komnas HAM mesti bergerak,” pungkasnya.

Sudah dibagikan