Wed. Jan 23rd, 2019
Contoh Surat Suara Pemilu 2019. (Ist)

Contoh Surat Suara Pemilu 2019. (Ist)

Belum Dicetak, Polisi Pastikan Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Sudah Dicoblos

Teks Sumber: Suara.com

Inilahjambi – Polisi memastikan informasi penemuan tujuh kontainer surat suara yang telah dicoblos di Tanjung Priok , Jakarta Utara, merupakan berita bohong alias hoaks .

Baca lagi : Kepleset Lagi, Kepleset Lagi Begitulah Prabowo Subianto

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan pihanya telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) untuk menyelidiki hal tersebut.

“Jadi kami sudah komunikasi dengan KPU, bahwa surat suara pun belum dicetak,” kata Argo di Polda Metro Jaya, Kamis 3 Januari 2019.

Selain itu Argo menyebut pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan menuju ke lokasi untuk mengkroscek kebenaran informasi tersebut. Hal itu dilakukan usai kabar yang telah beredar dan membuat masyarakat menjadi resah.

“Kemudian kapolres juga dengan Panwas sudah mengecek ke sana, tidak ada kontainer tersebut. Jadi berita itu tidak benar dan adalah hoaks,” jelasnya.

Lebih jauh, Argo mengimbau masyarakat untuk tidak ikut terlibat dalam penyebaran berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Termasuk berita yang tak bisa dipertanggungjawabkan. Sebab, masyarakat yang terbukti menyebarkan berita bohong dapat dijerat dengan pidana.

“Diimbau kepada msyarakat untuk arif dan saring dulu pemberitaan itu di cek betul sumbernya darimana. Apakah itu boleh dan bisa dishare atau tidak,” singkat Argo.

Baca lagiIsu Tidak Netral Muncul, Mantan Pimpinan KPK Menanggapi dengan Santai

Sebelumnya, beredar sebuah rekaman suara lelaki yang beredar di Whatsapp. Dalam rekaman itu, si laki-laki tersebut memberi informasi telah menemukan 70 juta suara yang sudah dicoblos pada gambar pasangan Joko Widodo atau Jokowi – Maruf Amin. Dalam rekaman itu juga menyebutkan surat suara itu dikirim dari Cina dan sudah disita TNI AL.

 

Sudah dibagikan