Mainan Anak, Bisnis yang Tak Ada Matinya…

Inilah Jambi  – Selagi masih ada anak-anak di dunia, bisnis mainan anak-anak tidak akan ada matinya. Bisnis ini terus saja menggeliat. Produsen berlomba-lomba membuat mainan inovatif, meski pada dasarnya tetap itu-itu juga; mobil-mobilan, sepeda-sepedaan, perang-perangan, masak-masakan, boneka-bonekaan, dan lain-lainlah.

Artinya, meskipun bersifat baku, namun selalu saja ada tren terbaru. Anak-anak kini tentu tidak adalagi yang main mobil-mobilan dengan kulit jeruk bali kan? Atau main perang-perangan dari senapan kayu batang ubi.

Satu lagi yang bikin bisnis ini diyakini tidak ada matinya, orang tua mana yang tega menolak permintaan anak-anaknya yang merengek minta dibelikan mainan? Kasih sayang dan gengsi berbaur–apalagi kalau mintanya di tempat ramai, apalagi kalau anak-anaknya meraung-raung, bergulingan di sebuah swalayan, atau jalan raya, misalnya, hanya karena minta dibelikan mainan. Ayooo, cobaaa. Mau tidak mau, suka tidak suka, ya harus dibelikan.

Eit, tapi penjual jangan gitu dong, jual mainan itu ya harus tetap yang bermanfaat. Misalnya mainan yang bersifat mendidik; sehat dan merangsang otak dan tubuh anak. Mainan juga harus memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Mainan yang dijual tidak membahayakan anak-anak yang memainkannya. Gitu bro..

Nah, ini ada toko mainan. Namanya Golden Toys. Percayalah, toko mainan ini satu-satunya toko mainan anak-anak yang terletak di sepanjang Jalan Patimura, Kota Jambi. Jalan ini membelah kawasan Simpang Empat Telanaipura hingga Simpang Rimbo.

Baca juga:

Menurut pengelola toko mainan anak-anak Golden Toys, Yanto, lokasi yang strategis menjadi alasan mereka membuka toko di kawasan ini. Simpang Rimbo memang gerbang menuju Kota Jambi dari sejumlah kabupaten, Batanghari, Muaro Jambi, Tebo, Sarolangun, Bungo, Kerinci dan lain-lain.

Dari sini orang berduyun-duyun datang ke Kota Jambi. Dan biasanya bawa duit segepok, sesangkek..Untuk dihabiskan di Kota Jambi.

Pembeli umumnya memang orang dari mudik (kabupaten/kota) yang datang ke Kota Jambi. Dari pada jauh-jauh masuk ke dalam kota, macet dan ‘banyak polisi’, mereka biasanya membeli keperluan di kawasan Simpang Rimbo saja.

“Barang-barang yang tidak ada di kawasan ini baru mereka cari di pasar,” kata Yanto, Rabu kepada inilahjambi.com Rabu 2 Juni 2016.

Diakui Yanto, meski bukan di pusat kota, namun harga mainan anak-anak yang mereka jual bersaing dengan harga mainan di pasar.

“Kadang pembeli bisa dapat harga lebih murah disini dari pada di pasar, sebab masih ada negosiasi dalam jual-beli. Sama juga dengan di pasar. Tergantung pembelinya ‘padek-padek’ nawar,” kata Yanto.

Namun diakui Yanto, jual mainan anak-anak ini memang musiman. Selain musim liburan sekolah, jualan ini juga tergantung musim harga getah dan sawit.

“Kalau harga getah atau sawit sedang tinggi, maka pembeli juga akan banyak. Kalau pasaran sawit dan getah turun, jualan juga sepi. Seperti saat ini, terasa sekali sepinya jualan, karena harga getah sedang turun,” jelas Yanto.

Soal pembeli ini, Yanto mengaku sudah berpengalaman. Maksudnya dia tahu jenis pembeli yang banyak menawar dan pembeli yang sekali tanya langsung oke.

“Kalau orang-orang dari Mudik, biasanya mereka royal. Tidak banyak menawar, sekali tanya langsung beli. Beda dengan pembeli yang berasal dari kota. Meskipun datang dengan mobil bagus, banyak nian nawarnya, serendah-rendahnya. Malah kadang dak jadi beli,” kata Yanto sambil tertawa.

Jadi gini, apa saja barang yang dijual di Golden Toys ini?

Ya semua jenis mainan anak-anak, macam-macamlah pokoknya. Ada semua..

Harganya?

Bisa ditawar, bersaing sama toko mainan anak-anka lain..

Barang-barang disini sudah SNI?

Sudahlah, mereknya Family. Merek yang umum dan terstandarisasi nasional

Ada promosi untuk Lebaran ini?

Wah, gimana ya. Kita biasa saja, tidak ada promosi, sebab hargnya juga sama. Tapi kalau liburan nanti entahlah..

Nah, kan sekarang liburan sekolah?

Ini mau dekat puasa dan Lebaran. Orang jadi lebih senang beli baju. Mungkin liburan kenaikan kelas nanti…

Jadi kalau singgah ke toko ini gimana?

Dari arah Simpang Rimbo, toko ini berada di sebelah kanan. Dua ruko berjejer. Ada tulisan “Golden Toys”. Tidak jauh dari pom bensin. Kelihatan kok dari jalan.

Okelah, Mas, kalo gitu. Semoga laris manis ya..

Siap..

(Zalman Irwandi)

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Berikan informasi ini sebagai inspirasi dan insight ke sesama.

Tinggalkan Balasan

SOROTAN