Bupati Batanghari Didampingi Wabup Lantik 34 Pjs Kades Tahun 2022

Inilahjambi.com, BATANGHARI– Sebanyak 34 Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief di Serambi Rumah Dinas, Selasa (20/9/2022).

Menurut Pantauan, pada acara itu Bupati yang didampingi Wakil Bupati Haji Bakhtiar tidak hanya melantik Pjs Kades saja, namun juga melaksanakan acara pisah sambut dengan Kepala Desa yang habis masa jabatannya.

Pada kata sambutanannya, Fadhil Arief menyampaikan Pjs Kades adalah seorang ASN yang dipercaya untuk mengisi kekosongan jabatan pada Pemerintahan Desa.

“Mungkin, di antara pejabat Kepala Desa ada yang merasa tidak tepat atau merasa kurang pas, tapi itu sudah terbentuk dari kepercayaan negara kepada yang dilantik hari ini bahwa dianggap mampu untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa,” kata Bupati Fadhil.

Pada acara Pelantikan dan pengambilan sumpah janji pejabat Kepala Desa itu juga turut dihadiri oleh Sekda Batang Hari, Muhammad Azan, Asisten, Kepala OPD, para camat, forkopimda dan para tamu undangan lain.

Di saat pelaksanaan Pelantikan pula, Bupati Fadhil juga menyampaikan permohonan maaf terhadap usulan elemen masyarakat yang menginginkan Desa yang habis masa jabatan Kepala Desanya untuk menunjuk ASN tertentu.

Dirinya berujar hal itu tidak bisa diakomodir karena, apabila diakomodir Pjs Kades tidak akan bisa indpendent ke depannya.

“Apabila dia hadir dan menjabat dengan dukungan pihak tertentu berarti dia menjanjikan sesuatu kepada pihak tersebut. Hal-hal ini kita minimalkan sehingga nanti yang menjadi Pj kepala desa akan lebih mudah untuk menjalankan tugas,” ujarnya.

Selanjutnya, sebagai Bupati, Fadhil juga menegaskan sebagai Pjs Kades, yang pertama pastikan selesai tugas pengerjaan APBDes perubahan, karena ada amanah-amanah terhadap peraturan Mentri Keuangan yang harus disesuaikan.

” Saya minta para PJs Kades bisa pastikan APBDes 2023 sebelum kepala desa definitif dilantik itu juga selesai. Tapi nanti setelah kepala desa terpilih walaupun sebelum dilantik tolong komunikasikan dengan kades yang terpilih itu. Sehingga nanti program kegiatannya selaras dengan visi misi Kepala Desa yang baru terpilih,” tegas orang nomor Satu di Batang Hari itu.

Dikatakan Fadhil, tugas paling utama dari Pjs Kades itu adalah untuk memastikan proses Pilkada berjalan sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.

“Saya amati selama ini bahwa ada ketidaktepatan menunjuk seseorang menjadi panitia Pilkades apabila panitianya cenderung menjadi Tim Sukses, ajaklah ngobrol BPD-nya kalau bisa jangan jadi panitia, biarlah jadi Tim Sukses karena bakatnya di situ, kalau kedua-duanya bakal menjadi repot,” jelasnya.

Terima kasih telah membaca Inilahjambi.com. Cantumkan link berita ini bila Anda mengutip seluruh atau sebagian isi berita. Laporkan keluhan dan apresisasi Anda terkait konten kami ke email:[email protected]
SOROTAN